Fungsi VPN Bawaan Android untuk Apa? Simak Penjelasannya

Fungsi VPN bawaan android sangatlah berguna. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui kelebihan dan fungsi yang digunakannya untuk apa. secara umum perangkat Android biasanya dilengkapi fitur VPN. Untuk itu, penting mengetahui fungsinya untuk apa.

Virtual Private Network atau yang disingkat dengan VPN adalah jaringan komputer Fisik menggunakan sebuah protokol tertentu. Kemudian juga, VPN dapat diakses secara rahasia pada jaringan publik. VPN disediakan untuk jalur komunikasi data yang aman dan menjaga sebuah data

Manfaatnya sendiri memungkinkan pengguna bisa terhindar dari pengintaian ketika melakukan aktivitas internet. Bagi Anda yang memiliki HP Android pastinya menemukan fitur VPN, Anda bisa memanfaatkan fungsi VPN didalamnya untuk keperluan-keperluan tertentu.

Berbagai Fungsi VPN Bawaan Android Beserta Penjelasan Lengkapnya

Jika Anda belum mengetahui, apa fungsi yang bisa digunakan pada VPN bawaan Android. Agar bisa berguna dan mengetahui manfaatnya, berikut ini adalah penjelasan berbagai fungsi beserta penjelasan lengkapnya :

1. Keamanan Dalam Dunia Internet

Perlu diketahui oleh kita, saat terhubung pada jaringan koneksi publik seperti wifi akses data perangkat Anda pun akan ikut terbuka juga. Untuk itu, VPN akan mengamankan keamanan ketika Anda terhubung dengan wifi tempat makan, café, mall dan lain sebagainya.

2. Memberikan Kestabilan Sinyal Internet

Fungsi VPN bawaan android selanjutnya sangat berguna bagi kestabilan sinyal Internet HP Anda. Kendala yang sering dirasakan ketika menggunakan Internet yaitu gangguan sinyal yang lemot bahkan hilang. Itu diakibatkan oleh server ataupun banyak yang mengakses jaringan lokal.

Menggunakan VPN secara teknisnya Anda bisa berpindah menuju server atau jaringan lokal yang lainnya, bahkan server tersebut tidak banyak yang mengaksesnya. Untuk itu, menggunakan VPN sangat berpengaruh terhadap kestabilan sinyal internet.

3. Membuka Akses Layanan yang Diblokir

Salah satu fungsi VPN bawaan android yang satu ini pastinya sudah banyak yang mengetahui. VPN bisa mengakses berbagai macam informasi, situs bahkan yang sifatnya rahasia. Salah satunya jika Anda akan mengakses situs yang diblokir pemerintah, pasti Anda bisa membuka dengan VPN.

Namun jangan sesekali untuk menggunakan VPN agar bisa membuka Akses situs yang sudah diblokir pemerintah. Seperti situs porno, perjudian dan sebagainya. Karena bisa saja Anda terkena hukum yang bersangkutan.

4. Mengubah Alamat IP dan Memindahkan Wilayah

Menggunakan VPN ternyata bisa menghasilkan alamat IP yang berbeda sesuai dengan server yang digunakan oleh Anda. Alamat IP bisa Anda ubah salah satu caranya hanya cukup mematikan mode pesawat lalu menghidupkannya kembali. Secara otomatis, alamat IP akan berubah.

VPN juga bisa memindahkan regional atau wilayah pada titik lokasi server Anda. Menyangkut keamanan, fungsi VPN bawaan android ini sangat berguna dan bermanfaat.

5. Menyembunyikan Alamat IP dan Lokasi

Menggunakan VPN, pengguna Android bisa saja dapat memilih Negara lain untuk sebuah Informasi koneksi internet. Untuk itu, sangat memungkinkan orang lain tidak bisa mengetahui lokasi Anda yang sebenarnya. Fungsi ini biasanya digunakan oleh para ahli IT untuk keamanan.

Namun, jangan Anda pergunakan dengan hal-hal yang menjerumus ke arah negatif atau tidak baik. Fungsi tersebut hanya bersifat untuk keamanan pribadi, bukan untuk dimanfaatkan sebagai kepentingan.

6. Enkripsian Transfer Data

Mengaktifkan VPN bisa melindungi data yang Anda transfer pada koneksi Wifi publik yang terhubung. Jadi, menggunakan VPN tidak seperti yang dipikirkan hanya negatif agar bisa membuka situs yang di blokir. VPN juga sangat penting bagi para pengguna HP Android.

Penggunaan VPN dalam perangkat HP Android terkadang tidak begitu dihiraukan karena masih banyak yang belum mengetahui fungsinya secara khusus. namun, penggunaannya juga masih saja ada yang untuk hal-hal berbau negatif. Pergunakan fungsi VPN bawaan android sebaik mungkin.