Ketahui Fungsi PPSSPP dan Perbedaannya dengan PPSSPP Gold

Ada banyak cara untuk mengisi waktu luang, salah satunya bermain game PS dari fungsi PPSSPP. Dengan cara ini  Anda akan bernostalgia dengan permainan yang dimainkan waktu kecil.

Di platform Android sendiri, game-game tersebut sudah jarang dibuat, namun kini sudah ada aplikasi khusus untuk menjalankan game PS2 atau PSP dengan bantuan emulator.

Ada banyak aplikasi emulator PSP untuk Android, namun salah satu yang paling banyak digunakan dan populer adalah PPSSPP. Selain android, game ini juga bisa dimainkan di PC.

Fungsi PPSSPP yang Harus Anda Tahu

PPSSPP ini merupakan salah satu platform emulator paling fungsional bisa pengguna unduh dengan gratis. Emulator ini cocok dengan semua perangkat seperti Android, iOS, Ma, Blackberry, Linux, Windows dan sebagainya.

Aplikasi tersebut bahkan dilengkapi dengan kode sumber bagi mereka yang ingin terus mengembangkan karena aplikasi ini open source.

PPSSPP ini pertama kali diperkenalkan pada 1 November 2012. Proyek PPSSPP dimulai oleh Henrik Rydgår yang merupakan salah satu pendiri dari emulator Dolphin.

Fungsi PPSSPP adalah untuk memainkan gaming PSP di Android dengan lancar seperti perangkat console. Contohnya game Naruto, Kamen Rider, God of War, SmackDown, Downhill, Basara dan game populer lainnya.

Selain itu, hampir semua perangkat Android kompatibel dan dapat menjalankannya. Hanya saja perangkat versi lama dengan spesifikasi kecil membutuhkan pengaturan yang tepat untuk beberapa game.

Perbedaan dari PPSSPP dengan PPSSPP Gold

Sebagai mana platform gaming pada umumnya, emulator PPSSSPP menawarkan dua jenis pilihan. Berikut ini perbedaan diantara kedua emulator tersebut.

1. Warna Ikon

Dari segi tampilan memang terlihat sangat berbeda warna ikon. PPSSPP biasa atau versi gratis memiliki ikon berwarna biru sedangkan versi gold atau versi Pro adalah emas kuning.

Perbedaan simbol ini juga yang menjadikannya sebagai pembeda antar versi gratis dan premium. Sejauh ini tampilannya lebih keren dari versi gold.

2. Fitur dan Performa

Menurut situs pusat PPSSPP, ditemukan beberapa informasi penting yang menarik untuk dibahas. Secara umum versi gold dikatakan memiliki performa lebih baik dari versi gratisnya.

sehingga fungsi PPSSPP bisa memberikan kepuasan yang lebih baik.  Lebih cepat dan mampu menjadi emulator yang kompatibel dengan banyak platform dibandingkan emulator PSP lainnya.

3. Iklan

Selain tampilan, fitur, dan performa, perbedaan antara versi biasa dan PPSSPP Gold terletak pada iklannya. Pengguna emulator biru sering melihat iklan yang muncul saat melakukan berbagai aktivitas.

Beberapa orang menganggap iklan muncul di aplikasi ini mengganggu. Terlebih lagi ketika Anda sedang bermain dan tiba-tiba harus menunggu dan delay iklan yang mengganggu.

Salah satu kelebihan dari versi Gold adalah tidak menemui gangguan dari iklan muncul di emulator ppsspp. Ini akan membuat waktu bermain jauh lebih seru tanpa harus menunggu iklan tersebut.

4. Harga

Perbedaan antara versi biasa dan versi gold ini tentu harganya. Untuk warna biru bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus membayar tetapi dengan kenyamanan terbatas.

Sedangkan untuk fungsi PPSSPP Gold, Anda harus membayar untuk mendapatkan lebih banyak dalam menikmati game android tersebut.

Proses upgrade bisa dilakukan langsung dari aplikasi atau dengan mengunjungi website resminya. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dari $2,74 hingga $53,90 kategori tertinggi, dijuluki Grandmaster.

Anda dapat melakukan pembelian dengan Kartu Kredit, Paypal, Amazon Pay serta transfer. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

5. Mendukung pengembang

Poin terakhir sebagai perbedaan versi biasa dan gold lebih ke asumsi pribadi untuk setiap pengguna dan setiap orang mungkin berbeda-beda.

Dengan membeli atau mengupgrade ke versi gold, secara tidak langsung kamu mendukung developer serta fungsi PPSSPP untuk terus berkembang.

Aplikasi berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Ini juga sebagai bentuk pengakuan atas kerja keras membuat sebuah aplikasi yang akan sangat berguna bagi para penikmat game PPSSPP.

Mungkin di masa depan PPSSPP dapat dikonfigurasi dengan banyak perangkat dan sistem operasi, tidak hanya Windows dan Android, memungkinkan Anda memainkan game Android Attack on Titan dari konsol yang berbeda.

Dengan segala perbedaan antara versi gold dan versi biasa, semuanya bermuara pada selera masing-masing pada akhirnya. Ada pengguna yang terbiasa menggunakan versi biasa namun fungsi PPSSPP sama saja.