Belajar Cara Menggunakan Folder Aman di Hp Samsung

Bagi Anda yang sedang mencari tutorial tentang cara menggunakan folder aman di hp Samsung, kami akan menjelaskannya. Anda bisa mengenal tentang fitur tersebut, sekaligus dengan tata cara penggunaannya.

Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam penggunaan ponsel android ialah keamanan dan privasi. Hal itu juga yang jadi salah satu alasan dari pabrikan Smartphone Samsung menawarkan fitur folder aman.

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu apa itu folder aman atau secure folder di ponsel Samsung. Benar, ini adalah salah satu fitur terbaru yang ditawarkan untuk memberikan bantuan kepada pengguna demi menjaga privasi dan keamanan.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur keamanan ini? Bagi yang belum tahu, kami punya tutorial atau panduan lengkap dalam penggunaan fitur tersebut, simak saja pembahasan singkat dibawah.

Mengenal Fitur Folder Aman di Ponsel Samsung

Jadi apa sebenarnya folder aman itu? Jadi, mudahnya ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan berbagai macam data secara terpisah sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.

Pengguna dapat menyimpan file seperti foto, video, dokumen bahkan kontak dengan aman melalui fitur ini. Cara menggunakan folder aman di smartphone Samsung juga terbilang mudah.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir ketika ponselnya dipakai oleh orang lain. Karena orang tersebut tidak akan bisa mengakses file yang telah Anda simpan didalam secure folder.

Data yang Anda simpan di secure folder juga tidak akan bisa ditransfer ke perangkat lain melalui metode apapun. Bahkan ketika orang lain mencoba melakukan kustom pada sistem operasi android Anda, data tetap tidak bisa diakses.

Berkas kalian akan terlindungi dengan fitur keamanan sidik jari, pola/pattern maupun kata sandi. Jadi, ini akan memberikan jaminan keamanan terhadap data-data yang Anda simpan didalamnya.

Fiturnya sendiri sudah tersedia di banyak ponsel Samsung. Mulai dari seri flagship, mid-end hingga seri low-end, Anda bisa menemukan fitur secure folder utamanya di ponsel keluaran terbaru.

Begini Cara Menggunakan Folder Aman di Ponsel Samsung

Setelah tahu apa kegunaan yang ditawarkan oleh fitur ini, sekarang Anda bisa mempelajari bagaimana tata cara menggunakan folder yang aman. Tenang saja, cara menggunakan secure folder sangatlah gampang.

Cara menggunakan folder aman pertama, tentu harus pastikan dulu sistem di perangkat Anda sudah update ke versi terbaru dan tersedia fitur secure folder. Ini dapat ditemukan di sistem operasi nougat 7.0 atau lebih tinggi.

1. Aktifkan fiturnya

Setelah itu, Anda bisa aktifkan fiturnya melalui menu pengaturan di bagian biometric dan security. Aktifkan saja mode folder aman kemudian atur kata sandi atau password.

Pengguna akan mendapatkan tiga opsi keamanan mulai dari pola, password dan sidik jari. Pilih pengaturan keamanan sesuai dengan preferensi Anda masing-masing, kemudian folder aman siap digunakan.

2. Pindah data

Setelah tahu cara menggunakan folder aman, sekarang tinggal pindah data saja. Anda bisa menyimpan berbagai macam data seperti file foto, video, kontak bahkan aplikasi di secure folder.

Buka saja aplikasi secure folder di ponsel Anda, kemudian klik tambah aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi tersebut dari orang lain. Jika ingin menambahkan file foto/video, bisa langsung melalui menu galeri di ponsel.

Ini merupakan fitur yang tentunya sangat membantu bagi banyak pengguna smartphone. Karena pastinya, semua orang ingin memiliki ruang yang aman untuk menyimpan file-file pribadi dan tidak ingin dilihat oleh orang lain.

Dengan fitur tersebut, sekarang Anda bisa menyimpan file apapun tanpa perlu khawatir. Terlebih cara menggunakan folder aman di ponsel Samsung juga sangat mudah dilakukan.