Cara Agar Hotspot tidak bisa Digunakan oleh Banyak Orang

Tidak ingin pengguna lain memanfaatkan koneksi Anda? Ada cara agar hotspot tidak bisa digunakan agar kuota aman. Dengan langkah ini tentu jaringan internet Anda akan tetap stabil. Hampir semua pengguna internet pasti ingin segera menghubungkan gadget ke jaringan hotspot gratis.

Tentu saja, sebagai pemilik hotspot, Anda tidak ingin penggunaan Anda melebihi kapasitas dan memperlambat akses internet Anda. Anda dapat mencoba metode yang dijelaskan dalam ulasan di bawah ini untuk menghentikan orang lain mengeksploitasi hotspot.

Mengenal Apa itu Hotspot HP

Sebelum melanjutkan, tentang cara agar hotspot tidak bisa digunakan, kami akan membahas mengenai penjelasan singkat tentang hotspot ponsel akan diberikan.

Kemampuan untuk berbagi koneksi internet dengan beberapa perangkat seluler di perangkat Android atau ios dikenal sebagai kemampuan hotspot. Bahkan tanpa batasan data pada ponsel cerdasnya, perangkat lain dapat terhubung ke internet dengan menggunakan fitur hotspot.

Cara Agar Hotspot Tidak Bisa Digunakan di HP Android

Dengan cara ini, meskipun Anda telah mengaktifkan kemampuan hotspot ponsel, tidak semua perangkat seluler dapat mengakses internet melalui ponsel Anda, untuk Anda yang penasaran bisa langsung menyimak alasannya berikut ini.

1. Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP, Melalui Menu Setting

Cara agar hotspot tidak bisa digunakan menggunakan menu pengaturan di smartphone Anda. Bagi Anda yang tidak yakin bagaimana caranya, Silahkan lanjutkan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Untuk memulai, silahkan akses menu pengaturan smartphone Anda.
  • Pada langkah ini silahkan pilih jumlah maksimum perangkat yang dapat terhubung ke jaringan internet dari hotspot HP anda dengan terlebih dahulu memilih Network, kemudian Personal Hotspot, Connected Device, dan Connected Device Limit.

2. Cara Memblokir atau Menonaktifkan Pengguna Hotspot HP Secara Manual

cara agar hotspot tidak bisa digunakan Dengan memblokirnya, Anda dapat mengurangi jumlah pengguna hotspot yang menggunakan ponsel Anda. Hanya saja dengan opsi kedua, jumlah pengguna hotspot HP Anda tidak langsung dibatasi.

Karena hanya perangkat tertentu yang tidak Anda inginkan yang dapat dipilih dan diblokir menggunakan cara sederhana ini jika perangkat HP tersebut dapat mengakses internet melalui hotspot HP Anda. Silakan ikuti petunjuk dalam tutorial di bawah ini untuk langkah-langkahnya.

  • Untuk memulai, silahkan akses menu pengaturan smartphone Anda.
  • Jika ya, pilih Nirkabel & jaringan, lalu pilih Lainnya.
  • Pilih hotspot pribadi Anda setelah itu, lalu tekan tombol hijau untuk mencegah perangkat yang terhubung menggunakan hotspot Anda.

3. Menggunakan Aplikasi untuk Membatasi Pengguna Hotspot HP

Sebuah program bernama Mobile Wifi Hotspot Manager Tethering dapat digunakan selain dua teknik yang disebutkan di atas untuk membatasi penggunaan hotspot HP. Sebagai berikut cara agar hotspot tidak bisa digunakan untuk informasi tambahan.

  • Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, cari dan instal program Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering di smartphone Anda.
  • Jika sudah terinstal, buka programnya dan pilih Hotspot. Selanjutnya, masukkan nama Hotspot di ponsel Anda.
  • Untuk menambahkan kata sandi, pilih keamanan dari menu drop-down.
  • Selanjutnya, pilih WPA2 PSK, yang mencegah pengguna tidak sah terhubung sembarangan ke internet dari ponsel cerdas Anda.

Anda kemudian harus memasukkan kata sandi Anda. Saat memasukkan kata sandi, pastikan untuk memilih frasa yang menggabungkan huruf besar dan kecil, simbol, dan angka namun tetap mudah diingat.

Selanjutnya, masukkan batas data per MB. Terakhir pilih timer dan nyalakan hotspot dengan memilih Turn on hotspot. Jumlah data yang digunakan untuk hotspot akan muncul.

Mereka tidak akan dapat dengan mudah mengakses internet di ponsel Anda dengan metode ini. Untuk menghindari menyinggung teman Anda, Anda dapat dengan hormat menolak permintaan kata sandi mereka.

Demikian informasi yang akan saya berikan pada artikel cara agar hotspot tidak bisa digunakan di HP. Kami berharap informasi yang kami berikan dalam artikel ini jelas dan bermanfaat bagi pembaca.