Cara Mengecek Jaringan Indosat Sudah 4G atau Belum

Cara mengecek jaringan Indosat sudah 4G atau belum akan memudahkan penggunaan koneksi internet Anda. Anda perlu memahami ini terlebih dahulu agar dapat melakukannya sendiri sehingga prosesnya menjadi lebih cepat.

Memastikan bahwa kondisi jaringan stabil memang perlu dilakukan. Apalagi saat ini internet memiliki peranan penting dalam banyak aktivitas manusia sehingga kecepatan jaringan menjadi kunci utamanya.

Apalagi saat ini jaringan provider sudah terus meningkat sehingga wilayah jangkauan harus disesuaikan. Khususnya bagi Anda yang menggunakan provider Indosat dapat mengecek ketersediaan jaringan di sekitar.

Anda bisa mengecek cakupan jaringan Indosat di wilayah masing-masing sehingga bisa memilih paket internet yang tepat. Saat ini Indosat Ooredo sudah memiliki beragam jaringan yaitu 2G, 4G, 4G dan 5G.

Dari keseluruhan jaringan Indosat yang tersedia, Anda perlu untuk mengetahui kondisi jaringannya di wilayah masing-masing. Berbagai jaringan tersebut sudah tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan jangkauan jaringan pusat.

Cara Mengecek Jaringan Indosat dengan Mudah

Untuk mengetahui jenis jaringan Indosat yang berada di sekitar Anda, dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Berikut ini langkah-langkah untuk mengetahui jaringan Indosat di sekitar tempat tinggal.

1. Mengunjungi Situs Resmi Indosat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi Indosat. Situs resmi yang dimaksud adalah laman Indosat Ooredo yang khusus untuk coverage area Indosat.

Untuk dapat mengaksesnya Anda bisa mengunjungi halaman indosatooredoo.com/portal/id/pscoveragearea. Melalui portal tersebut Anda bisa mengikuti langkah berikutnya untuk mengetahui area tersebut memiliki jaringan Indosat jenis apa.

2. Izinkan Situs Mengakses Lokasi

Cara mengecek jaringan Indosat berikutnya dengan mengizinkan mengakses lokasi Anda. Anda bisa menekan atau memilih “Allow” ataupun Izinkan untuk melanjutkan langkah ke tahapan pengecekan berikutnya.

3. Proses Pengecekan Dimulai

Setelah mengizinkan untuk mengakses lokasi Anda, maka proses pengecekan akan dimulai. Anda perlu menunggu beberapa saat hingga muncul peta yang menunjukkan lokasi terkini berada pada indikator warna sinyal yang tersedia.

4. Proses Selesai

Setelah pencarian kondisi sinyal dilakukan, akan muncul warna tertentu. Jika warna yang berada di sekitar adalah kuning, berarti sedang berada di sinyal 4G, jika berwarna merah berada di jaringan 5G.

Cek Jaringan Indosat di HP

Cara mengecek jaringan Indosat sangat mudah dilakukan tanpa harus menggunakan perangkat yang ribet. Anda bisa menggunakan HP untuk dapat mengecek jaringan Indosat dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Anda bisa masuk ke bagian menu pengaturan di HP. Bisa dengan melakukan swipe di bagian atas ataupun di bagian bawah ponsel. Kemudian, klik menu yang memiliki icon gear.
  2. Langkah berikutnya adalah Anda bisa memilih menu Jaringan Selular ataupun SIM card & mobile data untuk melanjutkan prosesnya.
  3. Pada menu berikutnya, Anda bisa mengklik menu SIM yang ingin dicek yaitu SIM dengan provider Indosat.
  4. Cara mengecek jaringan Indosat berikutnya melalui HP adalah dengan memilih menu Preferred Network Type.
  5. Jika Anda sudah berada di area jaringan 4G, maka akan secara otomatis tersedia pilihan 4G/3G/2G.
  6. Ketika Anda ingin mengaktifkannya, maka akan muncul ikon sinyal di bagian atas HP dengan bacaan 4G LTE.
  7. Jika belum, maka Anda akan hanya melihat menu 3G ataupun 2G saja pada bagian atas smartphone.

Setiap provider internet memang memiliki jangkauan yang berbeda di setiap wilayahnya. Karena hal itulah Anda juga perlu mengetahui cara mengecek jaringan Indosat jika menggunakan provider jaringan internet ini.