Cara Mengaktifkan Gboard dan Keunggulannya

sudah bosan dengan tampilan papan ketik ponsel yang kaku dan gitu-gitu saja, Anda bisa ketahui cara mengaktifkan gboard untuk mengubah tampilan keyboard lebih beragam dan juga bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Mengetik adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan oleh para pengguna ponsel, jadi beberapa pengguna sangat memerhatikan kenyamanannya untuk bisa mengetik tulisan tanpa adanya kendala dan masalah.

Menggunakan google keyboard atau gboard pada ponsel sebagai pengganti papan ketik bawaan memiliki keunggulan dan kelebihannya sendiri yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Cara Mengaktifkan Gboard dan Cara Memasangnya di Android

Google keyboard atau gboard merupakan aplikasi papan ketik yang sederhana yang memiliki fungsi yang cukup lengkap diluncurkan oleh google. Ingin mengetahui cara mengaktifkan gboard berikut ini tutorial lengkapnya.

  1. Download dan pasang aplikasi melalui google play store
  2. Buka aplikasi seperti biasa, klik aktifkan gboard
  3. Anda akan langsung dialihkan ke pengaturan handphone untuk mengubah papan ketik biasa menjadi aktifkan google keyboard (gboard) sebagan papan ketik default.
  4. Selesai, saat ini papan ketik Anda sudah menggunakan gboard.

Tambahan, jika saat memasang aplikasinya terdapat tulisan perangkat Anda tidak kompatibel pada versi ini. Agar bisa tetap menerapkan cara mengaktifkan gboard pada ponsel anda dengan mencari versi lawas di google terlebih dahulu.

Sebaiknya gunakan versi yang lebih ringan terlebih dahulu, gboard ini bisa digunakan untuk berbagai tipe dan merk handphone. Ketahui keunggulan apa saja yang akan didapatkan setelah Anda menginstall dan menggunakan aplikasinya berikut ini.

Keunggulan Menggunakan Google Keyboard (Gboard) di Android

Google keyboard biasanya mulai digunakan Ketika penggunanya sudah bosan dengan tampilan keyboar bawaan ponsel yang memiliki kaku. Yang menjadikannya unik, menggunakan google keyboard juga memiliki beberapa keunggulan lainnya dibandingkan papan ketik lainnya.

1. Tidak mengandung malware atau virus apapun

Aplikasi ini diluncurkan secara langsung oleh google jadi sudah dipastikan Anda tidak perlu khawatir dengan adanya malware. Karena biasanya aplikasi google lainnya mengandung malware yang akan merusak sistem ponsel.

2. Akses menjadi lebih mudah

Selanjutnya akses menjadi lebih mudah dibandingkan menggunakan papan ketik biasa. Hal ini dikarenakan pengaturan sistemnya yang sudah terhubung dengan google. Berbagai tipe keyboard juga bisa ditentukan jika Anda ingin tampilan yang berbeda.

3. Atur posisi sesuai dengan yang diinginkan.

Keunggulan lainnya setelah mengetahui cara mengaktifkan gboard adalah bisa mengatur posisi keyboard sesuai dengan yang diingin. Seperti membuat keyboard melayang saat di sentuh, bisa geser posisi yang paling pas untuk mengetik.

Bahkan Anda bisa mengatur posisi keyboard dalam mode pengetikan satu tangan sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Pengaturan lainnya juga berlaku untuk mengubah gambar latar, ukuran huruf, papan tombol dan juga rekam suara.

4. Adanya fitur clipboard

Yang jadi keunggulan lainnya dari gboard adalah adanya fitur clipboard sehingga memudahkan saat Anda menyalin teksi di internet, dokumen atau juga pesan dan menyimpannya pada fitur ini.

Jadi tidak perlu khawatir jika teks yang disalin akan hilang karena anda bahkan bisa menggunakannya lagi selama Anda belum mematikan ponselnya.

5. Ada dukungan google translate

Selanjutnya google keyboard juga sudah terhubung dengan google translate, ini sangat berguna saat anda merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang asing. Jadi cukup gunakan fitur gboard saja pada kolom chat dan secara otomatis bahasanya akan diubah sesuai dengan Bahasa yang digunakan.

Jadi untuk anda yang ingin memasang google keyboard dan akan menerapkannya pada ponsel Anda tidak perlu lagi ragu. Karena banyak sekali keunggulan yang akan didapatkan setelah melakukan cara mengaktifkan gboard di ponsel anda.