Cara Berbagi Sandi Wifi di HP Samsung J2 Prime Lewat QR Code

Cara berbagi sandi wifi di HP Samsung J2 Prime sebenarnya sama dengan ponsel smartphone lainnya. Di mana bisa dengan membukanya di pengaturan Hotspot, berbagi melalui QR code, hingga rooting perangkat.

Namun terkadang masih banyak pengguna Samsung J2 Prime yang tidak tahu cara penggunaan kode QR untuk berbagi sandi wifi. Karena terlalu sering membuka pengaturan hotspot untuk tahu sandinya.

Artikel kali ini akan Kami jelaskan tahapan berbagi sandi atau kata kunci tersebut. Termasuk bagaimana cara scan barcode, hingga penggunaan aplikasi InstaWifi apabila memang tidak bisa pakai tahapan biasa.

Cara Berbagi Sandi Wifi di HP Samsung J2 Prime Lewat QR Code Scan

Berbagi password wifi secara manual memang bisa dilakukan pada menu pengaturan. Di mana pada menu Hotspot, Anda bisa menemukan passwordnya dan menunjukkan kepada teman yang akan terkoneksi ke internet Anda.

Namun ada cara berbagi sandi wifi di HP Samsung J2 Prime, yaitu melalui kode QR. Berikut adalah bagaimana caranya, hingga tahapan untuk scan barcode tersebut supaya bisa terhubung ke internet.

1. Cara Tampilkan Kode QR Wifi Smartphone Samsung

Langkah pertama buka menu “Pengaturan” atau “Setting” pada J2 Prime. Pada opsi Network & Internet, Anda bisa memilihnya. Apabila sudah, pilih menu yang ada di bagian atas dengan keterangan “Wifi”.

Kini klik opsi jaringan Wifi yang hendak Anda bagikan passwordnya, baru klik pilihan “Share” atau “Bagikan”. Setelahnya pemilik koneksi HP Samsung diharuskan mengisikan verifikasi dengan password, contohnya pola atau PIN.

Maka cara berbagi sandi wifi di HP Samsung J2 Prime sudah berhasil. Karena setelahnya sudah muncul barcodenya. Tinggal lakukan scan barcode dengan cara yang akan kami jelaskan di pembahasan selanjutnya.

2. Cara Scan Barcode Wifi untuk Terkoneksi

Karena kode QR sudah muncul, pemilik HP yang ingin terkoneksi ke jaringan tersebut tinggal melakukan scan. Caranya tergantung HP, karena ada yang sudah memiliki pemindai bawaan maupun belum.

Aplikasi pemindai bawaan sendiri dapat ditemukan pada menu “Alat”. Apabila belum ada, maka download dahulu di Google Play Store dan cari aplikasi scanner atau pemindai.

Kini Anda bisa menyelesaikan cara berbagi sandi wifi di HP Samsung J2 Prime dengan melakukan scan pada barcode. Ketika berhasil, otomatis smartphone akan terhubung ke jaringan wifi tersebut.

3. Pakai Aplikasi InstaWifi

Perlu diketahui bahwa tidak semua smartphone bisa otomatis menggunakan kode QR tersebut. Apabila J2 Prime milik Anda salah satu yang tidak mendukung, maka bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Salah satunya adalah InstaWiFi yang bisa didownload kemudian install di smartphone. Apabila berhasil, maka cara berbagi sandi wifi di HP Samsung J2 Prime adalah dengan memilih menu QR.

Ketika sudah muncul beberapa tab, isilah berbagai kolom tersebut, termasuk SSID sampai password perangkat. Kolom SSID sendiri diisi dengan password wifi yang sedang terkoneksi saat itu.

Setelahnya akan muncul barcode seperti cara di atas. Maka Anda bisa melakukan koneksi pada HP lain dengan cara scan barcode. Baik menggunakan aplikasi bawaan maupun unduh scanner dahulu.

Dapat disimpulkan cara membagikan sandi wifi dari smartphone Samsung paling mudah yaitu menggunakan QR code. Di mana terdapat perangkat yang otomatis bisa berbagi, maupun perlu pakai aplikasi pihak ketiga seperti InstaWifi.

Sebelum barcode muncul, Anda diharuskan isi password HP dahulu. Setelahnya baru QR code muncul dan tinggal scan untuk berhasil mengikuti cara berbagi sandi Wifi di HP Samsung J2 Prime.