Beberapa Cara Mengetahui Kode MMI Tidak Valid XL di Perangkat

Bagi Anda yang bekerja di bidang jaringan ponsel, tidak akan lupa cara mengetahui kode MMI tidak valid XL maupun semua operator. Sementara orang awam hanya sebatas tahu jaringan ponsel bagus atau tidak.

Bahkan, untuk tahu apa arti dari kode MMI serta fungsinya terkadang tidak banyak yang memahaminya. Hal terpenting adalah jaringan bagus disertai pulsa maupun jaringan internet penuh membuat tenang.

Sebenarnya, setiap hari orang memanfaatkan isyarat tersebut agar terkoneksi dengan perangkat lain. Hanya saja memang bukan menjadi fokus utama, melainkan hal lain seperti pulsa prabayar salah satunya.

Sebenarnya Apa Itu Kode MMI?

Ada saatnya Anda menyadari mengenai isyarat tersebut saat menginginkan pengecekan pulsa, data internet dan lainnya. Ketika itu mengalami kendala, pemberitahuan muncul pada layar ponsel bahwa proses tidak valid.

Proses seperti ini terjadi pada semua jenis dan merek telepon apapun serta terdapat cara mengatasinya. Sebelum akhirnya memahami cara untuk mengetahui kode MMI tidak valid XL sebaiknya mengenalnya terlebih dahulu.

Kode MMI merupakan Man Machine Interface sebuah perintah yang terdiri atas angka serta karakter (*) bintang dan (#) pagar sebagai contoh *123#. Lambang kode ini digunakan untuk keperluan mengecek pulsa, nomor ponsel, hingga layanan operator lainnya.

Walaupun, sudah banyak terobosan aplikasi yang mahir dan canggih tetap saja penggunaannya masih menjadi unggulan. Untuk itu, sebagian orang merasa praktis tidak memerlukan proses menginstal aplikasi.

Kemudian, penyebab umumnya terjadi hambatan dikarenakan beberapa masalah, seperti sistem ponsel, kesalahan dalam pengaturan jaringan, sinyal lemah serta gangguan dari sananya.

Cara Mengetahui Kode MMI Tidak Valid XL untuk Anda

Setelah memahami definisi sesungguhnya untuk pengetahuan tambahan, selanjutnya adalah cara mengetahui kode MMI XL tidak valid pada Smartphone Anda. Terdapat beberapa cara guna mengatasi masalah hambatan jaringan ini.

Langkah yang disediakan sangat mudah dipahami serta mampu mempraktikkan secara langsung, berikut ini.

1. Langkah Sederhana Menerapkan Restart Handphone

Tutorial pertama cara memperbaiki kode MMI tidak valid XL adalah menghidupkan kembali telepon atau restart. Langkah ini mampu memperbaiki kendala ringan semacam itu hanya dengan menekan tombol power. Setelah itu pilih opsi restart serta nyalakan kembali telepon akan kembali secara benar.

2. Mengatur Kembali Pengaturan Ulang Jaringan

Cara kedua memungkin sekali mengatur ulang jaringan di ruang pengaturan telepon. Setiap HP memiliki tata letak ruang setting berbeda, maka dari itu sesuaikan dengan kepemilikan perangkat.

Tahapannya mempunyai konsep sama serta mudah dalam mencernanya, seperti di bawah ini.

  • Mulailah dengan membuka ruang pengaturan di dalam ponsel.
  • Setelah melihat bagian SIM Ganda serta seluler, masuklah pilih SIM1 atau SIM 2 untuk digunakan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Network Operators, memilih operator seluler XL untuk dipakai.
  • Tahap terakhir, mencoba kembali mengetik kode USSD yang ingin dijalankan mengetahui informasi.

3. Mencoba Mengubah Kode Awalan dan Menunggu Jaringan Normal

Cara terakhir dalam mengatasi kode MMI tidak valid XL bisa memakai alternatif mengubah kode awalan saat akan mengecek pulsa atau layanan lainnya. Menambahkan simbol koma pada awalan USSD, seperti (*123#) menjadi (*123#,).

Sedangkan pada penambahan simbol (+) berbeda dengan tanda koma, untuk memasukkan tanda plus bisa mencoba menekan tombol 0 selama beberapa saat. Apabila sudah mencoba tetap tidak memberikan hasil, lakukan langkah paling umum menunggu jaringan kembali normal.

Langkah ini merupakan opsi paling akhir setelah mencoba beberapa kali jalan, namun masih gagal. Umumnya jaringan kembali normal dalam jangka waktu 24 jam setelah kendala. Masalah kendala sinyal sering terjadi error setiap saat di mana saja keberadaannya.

Mengetahui informasi mengatasinya akan sangat membantu siapa saja ketika terjadi dalam keadaan terdesak. Setelah memahami cara mengatasi kode MMI tidak valid XL kapan saja terjadi sudah tidak terasa rumit lagi.