Bahaya Efek Baterai HP Melembung Jika Tetap Digunakan

Tidak banyak orang mengetahui apa efek baterai HP melembung jika tetap digunakan, padahal sebenarnya kondisi baterai ini bisa cukup berbahaya. HP yang sudah mengalami kondisi baterai tidak sehat apalagi sampai kembung harus segera diganti dengan baterai baru.

Jangan sampai Anda membiarkan baterai yang sudah melembung dan tetap menggunakan HP untuk kebutuhan sehari-hari. Penting juga bagi Anda untuk menjaga baterai HP agar tetap sehat dengan tidak menggunakan HP saat sedang melakukan pengisian daya.

Efek Baterai HP Melembung yang Perlu Diketahui

Ketika baterai HP sudah melembung artinya baterai HP Anda sedang mengalami masalah yang cukup serius. Kondisi baterai ini bisanya terlihat jelas dan baterai akan terus membesar jika tidak diganti bahkan membuat casing tidak bisa ditutup dengan baik.

Hal ini pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan Anda saat menggunakan HP apalagi jika kondisi baterai ini juga sudah mengganggu kinerja HP. Agar lebih jelasnya simak berikut ini beberapa efek baterai HP melembung yang sering terjadi.

1. Arus listrik Terganggu

Baterai Hp yang sudah melembung biasanya akan membuat arus listrik terganggu dan menjadi tidak sesuai antara kapasitas baterai dengan angka yang muncul di HP. Jika dibiarkan terus menerus kondisi ini akan membuat HP mempunyai umur yang pendek atau cepat rusak.

2. Baterai HP Bisa Meledak

Baterai HP yang sudah melembung akan sangat berbahaya jika terus digunakan karena kemungkinan bisa menyebabkan baterai meledak. Apalagi jika baterai HP yang sudah melembung tetap digunakan ketika melakukan pengisian daya hal ini akan sangat berbahaya.

Karena efek baterai HP melembung mempunyai aliran listrik yang tidak normal dan tidak optimal sehingga bisa menjadi pemicu ledakan. Walaupun kasus kebakaran yang diakibatkan oleh baterai melembung ini tidak banyak namun kondisi ini sangat berbahaya dan harus segera diganti.

3. Asap Bisa Beracun

Jika baterai sudah kembung dan masih tetap digunakan akan membuat baterai mudah meledak dan bisa mengeluarkan asap yang beracun. Asap yang keluar dari ledakan HP tersebut mempunyai kandungan racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Bisa Mengakibatkan Terjadinya Kebakaran

HP yang ketika dicas dalam kondisi baterai melembung juga sangat rentan meledak dan mengakibatkan kebakaran di rumah. Apalagi jika ledakan yang dihasilkan oleh HP tersebut mengeluarkan api yang besar tidak menutup kemungkinan api bisa menyambar ke benda lain yang mudah terbakar.

Apalagi jika HP belum mempunyai fitur pengisian daya Aman yang menghentikan proses isi daya secara otomatis ketika baterai sudah penuh. Jika belum dilengkapi dengan fitur tersebut Anda harus memperhatikan waktu pengisian daya dengan baik agar baterai tetap sehat.

4. Bisa Membuat HP Kembung

Efek baterai HP melembung bisa juga membuat HP kembung dan rusak sulit ditutup pada bagian casing belakangnya bahkan bisa juga merusak bagian depan. Hal ini karena baterai akan terus membesar dan bisa berbahaya pada hardware yang ada di dalamnya.

Pada beberapa kasus Kondisi baterai yang melembung bisa membuat HP rusak pada bagian depan dan membuat layar LCD pecah. Apalagi jika Anda mengalami Kondisi baterai merupakan baterai tanam yang sulit dibuka pada bagian belakangnya.

5. Membuat HP Error

Baterai kembung juga bisa mengakibatkan kinerja HP menjadi terhambat dan bahkan akan membuat Anda kesulitan untuk menggunakan HP tersebut. Hal ini karena kondisi HP yang kembung bisa merusak bagian dalam HP hingga membuatnya menjadi error.

Kondisi baterai yang kembung ini harus segera Anda atasi dengan mengganti baterai yang rusak dengan baterai yang baru. Jangan sampai Anda membiarkan baterai kembung mengingat efek baterai HP melembung yang sangat berbahaya.