HP Baterai Tanam Kena Air? Berikut Cara Mengatasinya

Jika HP baterai tanam kena air, pengguna tidak perlu panik. Kemasukan air adalah kerusakan yang sering terjadi bagi pengguna ponsel, hal ini terjadi pastinya akibat keteledoran pemilik Ponsel tersebut yang tidak hati-hati dalam menggunakannya.

Pada kasus ini, banyak yang masih kesulitan dan tidak tahu bagaimana harus memperbaikinya. Bahkan, tidak mengetahui kerusakan apa yang disebabkan masuknya air ke dalam Hp tersebut.

Untuk itu sangat penting mempelajari kerusakan yang akan timbul jika Hp dengan baterai tanam kemasukan air. Berbagai kemungkinan kerusakan bisa timbul jika hal itu terjadi. Berdasarkan permasalahan tersebut Jika HP kena air harus di atasi dengan cepat.

Kerusakan yang Timbul Jika HP Baterai Tanam Kena Air dan Cara Mengatasinya

Untuk mengetahui lebih lanjut, sebelumnya pastikan terlebih dahulu mengenai keamanan penggunaan ponsel Anda. Berikut ini akan Kami jelaskan kerusakan jika Handphone dengan baterai tanam terkena air dan solusi mengatasinya dengan cepat :

1. Hp Jadi Konslet

Konsleting pada perangkat keras di dalam Hp memungkinkan untuk terjadi. Pasalnya, air bisa mempengaruhi daya aliran listrik di dalam perangkat Hp tersebut. Ketika konslet, Ponsel tersebut mungkin saja mengalami mati nyala yang tidak bisa dikendalikan.

Jika HP baterai tanam kena air dan terdapat kerusakan mati lalu menyala dan berulang-ulang itu tandanya konslet. Cara memperbaikinya pastikan Anda tidak menyentuh tombol apapun, segera daya mati ponsel tersebut agar tidak menyala dan mati dengan sendirinya lalu bersihkan.

2. Kartu SIM Tidak Terbaca dan Eror Sistem

Jika air masuk ke bagian dalam Hp Anda, dan kartu sim langsung tidak terbaca, Matikan Hp seger mungkin. Kemungkinan air tersebut masuk ke dalam tempat sim card, sehingga sistem atau perangkat tidak bisa membacanya. Segera lepas Sim Card dan bersihkan dari air tersebut.

Buka bagian belakang Hp dan bersihkan menggunakan pembersih berbahan lembut. Jika HP baterai tanam kena air pastikan menunggu kering. Setelah itu, hidupkan dan mode pesawat terlebih dahulu, lalu matikan mode pesawat apakah sudah terbaca atau tidak.

3. Hp Mengalami Blank

Masalah yang umum terjadi jika Hp dengan baterai tanam kemasukan Air, Hp akan mengalami Blank atau layar berwarna putih keseluruhan. Ini akan sangat membahayakan karena akan berakibat menjadi lebih parah hingga mati total. Untuk itu segera mungkin perbaiki dengan baik.

Jika HP baterai tanam kena air dan layar menjadi langsung blank berwarna putih, atasi dengan matikan terlebih dahulu Hp tersebut. Kemudian, coba simpan di dalam wadah beras. Direndaman wadah beras terdapat suhu yang hangat, ini untuk mempercepat mengeringkannya.

Ingat, untuk mengeringkan hp yang terkena air jangan menggunakan Head dryer. Karena bisa membahayakan pada komponen Hp. Tunggu 1-2 jam dalam rendaman beras saja dan buka Hp.

4. Mati Total

Akibat paling fatal ketika Hp terkena bahkan terendam air bisa mengalami kerusakan mati total. Ini karena air sudah merusak aliran listrik yang terhubung dalam komponen, dan perangkat keras pada Hp mengelami kerusakan parah. Sebelumnya, pastikan keringkan terlebih dahulu Hp.

Bongkar hp dan cek bagian yang basah, keringkan. Lalu coba untuk hidupkan ulang. Cek menggunakan charger apakah masuk atau tidak. Jika masih tetap tidak menyala pastikan bawa ke tempat servis Hp yang aman dan terpercaya. Namun Anda harus tetap hati-hati.

Kejadian-kejadian penggunaan Hp yang ceroboh sehingga berakibat pada kerusakan tersebut masih sering terjadi. Perlu diketahui, Hp memiliki banyak lubang yang bisa terhubung kepada komponen lainnya. Maka pasikan Jika HP baterai tanam kena air segera mungkin perbaiki.