Kenapa Telegram Lemot? Inilah Cara Mengatasinya

Kenapa telegram lemot merupakan salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh pengguna aplikasi ini. Telegram sendiri merupakan salah satu aplikasi chat yang saat ini sudah banyak bermunculan. ditambah lagi ada banyak fitur menarik yang ditawarkan di mana belum tentu ditemukan pada aplikasi sejenis.

Serta peminat dari aplikasi ini terus bertambah setiap harinya di mana menjadi bukti bahwa memang ada nilai lebih yang ditawarkan. Namun salah satu permasalahan yang paling banyak ditemukan oleh para penggunanya adalah aplikasi ini sering tiba-tiba lemot. Penting untuk Anda mengetahui mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kenapa Telegram Lemot Tiba-Tiba

Walaupun sampai saat ini pihak pengelola telegram belum memberikan keterangan resmi mengapa aplikasi mereka sering mengalami lemot terutama pada saat proses download tetapi beberapa pengguna menganggap inilah faktornya. Penting untuk Anda mengetahuinya sehingga bisa menghindari penyebab tersebut. Beberapa hal yang menjadi alasan kenapa telegram lemot yaitu:

1. Terlalu banyak masuk grup chat

Jika Anda banyak bergabung di grup chat dan seluruhnya grup aktif maka tidak menutup kemungkinan jika aplikasi ini sering tiba-tiba lemot. Karena menumpuknya chat di grup tersebut bisa membuat aplikasi menjadi tidak lancar.

Seperti kita ketahui bahwa banyak orang menggunakan aplikasi ini tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi untuk bekerja. Kondisi inilah yang menyebabkan mereka harus bergabung di grup chat untuk mempermudah berkomunikasi dengan banyak orang tanpa harus menghubungi satu persatu.

2. Tidak update versi terbaru

kenapa telegram lemot bisa jadi karena Anda menggunakan versi yang lama padahal sudah muncul versi baru. Apabila Anda malas mengupdate versi telegram Anda maka bisa ketinggalan fitur yang hanya tersedia di versi terbaru. Jadi jangan lupa untuk secara berkala mengupdate versi telegram terbaru sehingga bisa nyaman menggunakannya

3. Banyak cache yang menumpuk pada aplikasi

Apabila Anda tidak masuk di banyak grup chat atau telah mengupdate versi terbaru tetapi masih lemot bisa jadi karena menumpuknya cache pada aplikasi. Hal ini sebenarnya wajar sehingga penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya tanpa harus melakukan un-install atau menggunakan aplikasi lainnya.

Cara Mengatasi Telegram yang Lemot

Setelah Anda mengetahui kenapa telegram lemot maka harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Jadi pada saat berada dalam kondisi seperti ini Anda tidak panik dan mengambil langkah yang tepat. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

1. Hapus cache pada aplikasi

Umumnya penyebab telegram sering lemot karena menumpuknya cache pada aplikasi. Jadi untuk menghapusnya Anda bisa membuka menu pengaturan dan cari menu pengaturan aplikasi. Kemudian pilihlah menu kelola aplikasi dan cari aplikasi telegram. Kemudian pilih menu hapus data dan pilih hapus cache. Dengan cara seperti ini Anda bisa membersihkan cache tanpa harus meng uninstall aplikasi.

2. Menghapus chat tidak penting

Ada baiknya jika Anda menghapus chat tidak penting yang masuk dalam telegram di mana Hal ini berlaku untuk chat pribadi maupun grup. Karena menumpuknya chat di aplikasi membuatnya menjadi lemot sehingga tidak nyaman digunakan. Walaupun memang tujuan aplikasi ini digunakan untuk bertukar pesan.

3. Mengurangi ruang penyimpanan HP

Apabila Anda menggunakan Smartphone yang ruang penyimpanannya kecil maka agar tidak memberatkan kinerja HP bisa menghapus file yang tidak penting. Karena jika ruang penyimpanan hp menjadi penuh sehingga membuat kinerjanya merambat dan memberikan pengaruh terhadap aplikasi yang digunakan. Ada baiknya jika Anda memindahkan file ke SD card terutama yang penting.

Walaupun terlihat sederhana tetapi cara ini sama efektif untuk mengatasi aplikasi telegram yang tiba-tiba lemot. Dengan mengetahui penyebab kenapa telegram lemot maka Anda bisa menghindari hal tersebut, sebab banyak orang yang melakukannya tanpa sadar.