Cara Memperbaiki Power Bank yang Tidak Bisa Mengisi ke HP

Cara memperbaiki power bank yang tidak bisa mengisi ke HP dapat Anda coba sendiri dahulu sebelum memutuskan beli baru. Karena ada kemungkinan perangkat belum rusak total, hanya perlu beberapa perbaikan.

Power bank (PB) sendiri sekarang bisa dibilang menjadi perangkat penting. Apalagi untuk Anda dengan banyak aktivitas di luar ruangan, pastinya akan mudah mengisi baterai HP menggunakannya.

Namun seperti perangkat lain, power bank ini kerap error atau bermasalah juga. Salah satu contohnya ketika tidak mau mengisi HP. Maka ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Power Bank yang Tidak Bisa Mengisi ke HP, Coba Cari Penyebabnya Dahulu

Penyebab power bank Anda tidak bisa mengisi daya HP kemungkinan ada beberapa. Misalnya karena kabel atau port USBnya bermasalah. Maka Anda harus cari penyebabnya dahulu, sebelum melakukan perbaikan.

1. Ketahui Penyebabnya

Cara memperbaiki power bank yang tidak bisa mengisi ke HP pertama tentu cari penyebabnya. Mulai dari penyebab sederhana, misalnya pastikan baterai power bank sudah terisi atau belum.

Apabila belum, tentu lakukan pengisian terlebih dahulu Selanjutnya Anda baru cek ke komponen-komponen krusial, meliputi kabel hingga port USB. Penjelasan detail ada di pembahasan berikutnya.

2. Pastikan Kabel Tidak Bermasalah

Langkah berikutnya pastikan komponen input maupun output, yaitu kabelnya bermasalah atau tidak. Khususnya kabel untuk output atau yang dipasangkan ke HP Anda. Coba geser-geserkan atau cari posisi terbaik.

Apabila terkadang dengan menggesernya jadi dapat mengisi daya HP, tetapi terkadang tidak bisa, maka kabelnya bermasalah. Apabila demikian, Anda harus melakukan penggantian kabel output untuk charge.

3. Lihat Port USB

Cara memperbaiki power bank yang tidak bisa mengisi ke HP selanjutnya yaitu periksalah portnya. Anda dapat memakai alat USB tester untuk mengetahui apakah arusnya keluar atau tidak.

Biasanya port USB dengan jangka waktu pemakaian lama akan terdapat korosi atau berkarat. Apabila demikian, maka harus coba diganti portnya. Kemudian lakukan tester lagi untuk mengetahui perangkat sudah benar belum.

4. Pastikan Kompatibilitas

Jangan lupa untuk pastikan bahwa power bank milik Anda sudah sesuai dengan HP. Karena ada beberapa ponsel yang memang memiliki masalah kompatibilitas atau kecocokan dengan power bank tertentu.

Misalnya yang paling umum adalah IC berikut outputnya. Ketika PB punya dua port USB, pilihlah salah satu dengan pengisian tercepat. Contohnya PB dengan arus 5V 2A.

5. Pastikan HP Tidak Rusak

Ketika mencoba cara memperbaiki power bank yang tidak bisa mengisi ke HP, pastikan juga kalau ponselnya tidak rusak. Karena kemungkinan justru ponselnya bermasalah, misal di port pengisiannya.

Anda dapat mencoba charge HP lain menggunakan PB tersebut. Kalau memungkinkan coba di beberapa ponsel lain. Apabila bisa, kemungkinan besar justru HP Anda yang bermasalah dan perlu perbaikan.

6. Ganti Kabel dan Baterai

Ketika sudah tahu penyebabnya, maka cara memperbaiki power bank yang tidak bisa mengisi ke HP berikutnya adalah mengatasi sumber masalahnya. Misal karena kabel atau port, maka gantilah hal tersebut.

Bahkan terkadang kemungkinan juga baterai bermasalah karena sudah rusak. Mengingat PB juga menggunakan baterai lithium serta nikel, sama seperti baterai ponsel. Sehingga bisa rusak apabila pemakaian tidak sesuai.

Dapat disimpulkan untuk memperbaiki PB rusak, Anda harus cari tahu penyebabnya dahulu. Misal dari kabel, port USB, atau baterai. Bahkan bisa jadi karena HP bermasalah dan tidak dapat isi daya.

Ketika tetap rusak, kemungkinan merupakan waktu tepat untuk mengganti PB. Setelah menemukan penyebabnya, gantilah kabel, port, atau baterainya sebagai cara memperbaiki power bank yang tidak bisa mengisi ke HP.