7 Rekomendasi Game Membangun Kota Offline Terbaik 2023

Game membangun kota offline merupakan game di mana para pemain bisa berkreasi sekreatif mungkin untuk membangun kota impian. Sekarang ini terdapat banyak sekali game-game yang mengusung tema ini dengan beragam fitur serta mode-mode yang menarik.

Dalam proses membangun kota impian, tentu ada kegiatan mengelola tata ruang kota, menyusun manajemen keuangan, hingga memecahkan masalah kependudukan. Ingin mencoba bermain? Simak 7 rekomendasi game membangun kota berikut ini:

1. Survival Mars

Seperti judulnya, game ini mengusung tema bertahan hidup di planet Mars. Untuk bertahan hidup, koloni harus membangun kota yang bisa menghidupi dan melindungi mereka maka pemain pun harus melakukan studi eksplorasi mengenai lingkungan di Mars.

Gameplay yang ditawarkan dalam game ini akan membuat pemain merasakan serunya menghadapi beragam rintangan di luar angkasa seperti bencana badai pasir dan gelombang dingin. Selain kegigihan, Survival Mars menuntut pemain untuk memiliki kreativitas yang tinggi.

2. Age of Empires 2

Game ini merupakan seri kedua dari game Age of Empires, sebuah game membangun kota offline terbaik yang wajib untuk dimainkan. Age of Empires 2 menawarkan gameplay yang unik dan menarik serta tidak membosankan.

Di dalam game ini, pemain membangun kota untuk dipergunakan sebagai benteng pertahanan bagi pasukan yang akan bertarung melawan musuh. Terdapat jalan cerita yang seru dan beragam karakter menarik yang tersedia di dalam game.

3. Big Business Deluxe

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada game Big Business Deluxe yang mempunyai banyak fitur lengkap nan canggih. Pemain dapat membangun perkotaan modern dengan nuansa yang realistis. Selain itu, pemain akan berperan memimpin dan mengatur kota untuk berkembang.

4. Sim City

Permainan ini sangat populer dan merupakan salah satu pionir untuk kategori game membangun kota. Sim City rilis pada tahun 1989 dan terus eksis hingga kini, sudah banyak sekali perkembangan yang dilakukannya untuk menjadi yang terbaik.

Dari banyaknya versi Sim City yang telah dikeluarkan, Sim City 4 dan Sim City 3000 merupakan dua versi yang paling populer. Adapun ciri khas Sim City ialah tampilan grafiknya yang terhitung sangat realistis.

5. Urban Empire

Berkat tampilan serta gameplay-nya yang unik, game ini menjadi salah satu yang termasuk seru untuk dimainkan. Urban Empire memiliki misi untuk membuat peradaban kerajaan yang maju melalui diplomasi yang dilakukan bersama kerajaan-kerajaan lainnya.

Pemain akan dibuat berjuang untuk membangun dan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada di dalam kota. Dalam proses pembangunan tersebut, akan bermunculan konflik dan drama-drama antarkerajaan yang menghibur.

6. Aven Colony

Game membangun kota yang berikutnya adalah Even Colony. Grafiknya yang futuristik menjadi salah satu keunggulannya. Sesuai dengan judul, permainan yang satu ini merupakan permainan membangun koloni dan kota di planet luar angkasa.

Beragam plot cerita serta rintangan-rintangan mendebarkan hadir di dalam game dengan banyak variasi. Untuk itulah, pemain perlu membangun kota yang memiliki fungsi serta keamanan yang baik agar kehidupan koloni dapat terjamin.

7. City Mania: Town Building

Bagi yang ingin merasakan sensasi membangun perkotaan terbaik, maka City Mania: Town Building adalah pilihan yang tepat. Gameloft menawarkan grafik 3D yang canggih dalam game besutannya ini. Selain itu, terdapat pula karakter-karakter lucu yang menggemaskan.

Itulah daftar 7 rekomendasi game membangun kota offline terbaik tahun ini. Dengan bermain game-game di atas, pemain bisa mengisi waktu luang sekaligus mengasah otak dan melatih keterampilan strategis dengan membangun sistem pertahanan kota yang kuat.