Pilihan Game untuk Belajar Bahasa Inggris Terbaik!

Bermain sambil belajar memang suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan terutama bagi yang ingin mendalami bahasa Inggris. Berikut ini beberapa pilihan game untuk belajar bahasa Inggris yang direkomendasikan untuk mengisi waktu luang dengan lebih bermanfaat.

1. Scrabble

Aplikasi pertama yang direkomendasikan adalah Scrabble. Scrabble merupakan salah satu permainan menyusun kata dalam bahasa Inggris.

Pemain dapat menambah banyak kosa kata bahasa Inggris dengan memainkan game Scrabble. Selain itu permainan ini juga dapat dimainkan secara grup dengan 2-4 anggota. Poin didapat dengan menyusun kata di atas papan.

Jika pemain meletakkan kosakata di kolom bonus, maka akan mendapat poin tambahan. Pemenang ditentukan berdasarkan banyaknya jumlah poin yang diperoleh.

2. Pictionary

Selain Scrabble, rekomendasi lain game untuk belajar bahasa Inggris adalah Pictionary. Permainan Pictionary terdiri dari dua suku kata yaitu Picture dan Dictionary. Pictionary biasa dimainkan oleh 2 grup.

Dengan cara bermain, masing-masing grup mendapatkan sejumlah kartu dengan berisi 4 kosakata. Selanjutnya, pemain ditugaskan untuk memilih satu kosakata untuk digambarkan.

Setelah digambar, pemain dari kelompok lain ditugaskan untuk menebak kosakata dari gambar tersebut. Kelompok pemenang ditentukan berdasarkan banyaknya kosakata yang ditebak dengan benar. Sangat cocok dijadikan pilihan game untuk bermain sambil belajar saat waktu senggang!

3. Taboo Game

Definisi dari permainan ini adalah untuk melatih kemampuan dalam mendeskripsikan kata. Dalam permainan Taboo Game, pemain akan mendapatkan satu kata utama dan 5 kata lain dibawahnya.

Permainan ini dimainkan oleh 2 kelompok, dalam permainan ini pemain harus bisa mendeskripsikan kata utama tanpa menggunakan bantuan 5 kata dibawahnya. Sedangkan tugas kelompok lain adalah menebak kata yang dimaksud.

4. Bubble Bath

Game lain yang dapat digunakan untuk menambah kosakata bahasa Inggris adalah Bubble Bath. Pemain hanya perlu memecahkan gelembung kosakata bahasa Inggris yang ada pada permainan. Selanjutnya, mencocokkan dengan arti kata yang ada pada kedua sisi layar.

5. The Sims

Game The Sims menjadi salah satu game belajar bahasa Inggris yang disukai banyak pemain di seluruh dunia. Game ini mengangkat konsep role play character, yang mana pada permainan tersebut pemain akan banyak berinteraksi dengan pemain lain.

Dalam permainan The Sims pemain dapat melihat percakapan setiap karakter dalam bentuk teks. Percakapan bahasa Inggris yang muncul tersebut, tentu banyak membantu pemain menambah kosakata bahasa Inggris sehari-hari. Tak heran jika game ini hanya sekali peminatnya.

6. Word Search

Selanjutnya ada game Word Search yang dapat dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris sambil bermain game. Permainan ini mengharuskan pemainnya untuk menemukan kata tersembunyi dalam ratusan huruf yang disusun secara acak.

Semakin banyak kata yang ditemukan, maka semakin banyak pula kosakata bahasa Inggris baru yang didapat. Meskipun permainan ini cukup sederhana, namun permainan ini dapat meningkatkan ketelitian, kejelian dan menambah banyak kosakata baru bahasa Inggris.

7. Hangman

Rekomendasi terakhir game yang dapat dimainkan untuk belajar bahasa Inggris adalah Hangman. Permainan ini akan mengasah kemampuan otak dan memberikan ketegangan bagi para pemainnya.

Dalam permainan ini, pemain perlu menebak kata dengan menuliskan huruf tebakan pada kolom yang disediakan. Jika huruf yang disebutkan merupakan bagian dari kosakata yang diinginkan, maka pemain akan semakin dekat dengan kemenangan.

Tetapi jika huruf yang disebutkan salah, maka pemain akan mendapati animasi yang digantung dan pemain akan semakin jauh dari permainan. Sangat menarik, membuat penasaran dan menyenangkan bukan?

Itu dia beberapa pilihan game untuk belajar bahasa Inggris yang cocok sekali dimainkan saat senggang. Dengan bermain game yang telah direkomendasikan tersebut, pemain dapat belajar dan menambah kosakata bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.