Inilah Berbagai Game MOBA terburuk, Simak Ulasannya!

Di antara Game Multiplayer Online Battle Arena atau yang biasa dikenal dengan game MOBA, ada beberapa game MOBA terburuk yang bisa diketahui pengguna. Penilaian buruk tersebut tentu memiliki alasan tersendiri, bagi para gamers sekalipun.

Game MOBA memang banyak diminati para pecinta game masa kini. Apalagi akses bermainnya ada yang bisa dengan mudah dan praktis diinstall pada ponsel pengguna. Sisi lain dari game yang dinilai buruk, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mobile Legends

Game ML, atau yang dikenal juga dengan kepanjangan Mobile Legends merupakan game yang tidak asing didengar. Kehadiran game ini telah banyak dimainkan di berbagai rentang usia, baik remaja maupun dewasa dan kalangan lainnya.

Meskipun game ini sudah sangat terkenal di kalangan gamers, tetapi menjadi salah satu game MOBA terburuk di antara game lainnya yang sejenis. Beberapa alasan di antaranya adalah adanya indikasi penduplikasian atau meniru dari game lainnya.

Di lain hal, adanya sistem pay to win yang juga mencakup dalam hal pembelian skin serta hero yang cukup mahal untuk penambahan stat yang nantinya akan mempengaruhi permainan.

2. Heroes of NewErth

Berikutnya adalah game HON atau Heroes of NewErth, yang dinilai buruk dalam beberapa hal. Mulai dari sistem PathFinder/PathFinding atau Pathing yang tidak baik, sulitnya proses membeli Item dan kerap terjadi error, buruknya sistem kontrol permainan.

Pathing sendiri merupakan perpindahan tempat pada arena game yang ditempuh menggunakan suatu jalur tertentu. Sehingga, nantinya akan berpengaruh pada pengoptimalan permainan saat battle berlangsung di suatu arena. Serta kurang baiknya faktor lain yang bisa berpengaruh.

3. Heroes of Soulcraft

Sebagian pengguna yang menilai buruk game Heroes of Soulcraft terkait beberapa hal, seperti design yang tidak cukup menarik dari game lainnya yang sejenis. Selain itu, tidak baiknya fitur HUD dan UI, serta game balancing.

UI atau user interface pada sebuah game, terkait dengan design dari game. Sementara HUD atau Heads-up Display terkait informasi visual untuk pemain. Biasanya informasi tersebut tampil di bagian atas kepala dari karakter dalam game.

Game balancing juga penting terkait keseimbangan dalam game itu sendiri. Jadi, jika salah satunya tidak cukup baik, maka akan berpengaruh pada permainan serta penilaian buruk- tidaknya oleh pemain.

4. Heroes Evolved

Sama seperti pada game MOBA di smartphone umumnya, game Heroes Evolved juga termasuk dalam kaitannya pada anggapan cash grab atau pengambilan keuntungan. Yakni game yang hanya berorientasi menghasilkan uang untuk developer karena kepopulerannya misalnya.

Meski demikian, beberapa developer tentu akan menepis anggapan tersebut dan menyeimbangkannya dengan upgrade game untuk kepuasan pemain. Di lain sisi, paywall atau seperti layanan iklan maupun sponsor berbayar yang dinilai cukup mengganggu pemain.

Terkait hal UI, dalam permainan ini juga terlihat tidak cukup rapi dibandingkan dengan beberapa game lainnya yang sejenis dan lebih baik dari game ini.

5. Guardian of Middle Earth

Pada beberapa fitur di Game Guardian of Middle Earth versi mobile, dinilai buruk oleh sebagian pemain. Di antaranya dari buruknya PathFinding hingga rendahnya responsivitas dalam permainan.

Selain itu, kerap terjadinya error di bagian kontrol pergerakan dari karakter yang ada. Sehingga menyebabkan pemain mengeluhkan tidak baiknya suguhan game tersebut. Bahkan, ada anggapan bahwa game ini lebih baik pada versi lainnya yakni di PS3.

6. Strife

Tidak jauh berbeda dengan game HON atau Heroes of NewErth, kini game Strife dikabarkan telah ditutup akses layanan oleh developer yang sama yakni S2. Meski tampilan visualnya terlihat jernih, beberapa fitur lainnya terkesan tidak baik.

Hadirnya game lain yang lebih baik tentu membuat game Strife tidak cukup baik untuk bersaing dalam hal kelayakan permainan sekalipun.

Dengan mengetahui beberapa game MOBA terburuk, pengguna dapat memilih alternatif pilihan game lain, apalagi jika game tersebut telah ditutup oleh pihak developernya. Namun, beberapa game jika di upgrade lebih baik, tentu bisa menghapuskan kesan buruk tersebut.