5 Daftar Game Mirip Age Of Empires yang Patut Dicoba

Permainan Age of Empires adalah tentang memperkuat pasukan dan dinding kastil untuk bertahan dan juga untuk menyerang kota lain. Game mirip Age of Empires terus muncul karena tipe permainannya sangat diminati oleh para pecinta game.

Inti permainan Age of Empires adalah tentang strategi waktu dalam bertahan, menyerang, dan membangun peradaban. Temanya adalah mengenai sejarah di zaman batu hingga zaman besi, berikut beberapa game yang tipe permainannya mirip.

1. Anno 2070

Sebuah permainan berupa simulasi untuk membangun kota dengan menggabungkan keseruan dari elemen RTS. Permainan ini punya banyak fitur menarik yang akan membuat pecinta game simulasi semacam ini tertarik.

Game yang bernama Anno 2070 ini menggabungkan elemen berupa city-building dengan economic dalam permainannya. Hal ini akan membuat pemain memperoleh pengalaman gaming yang benar-benar berbeda apalagi game ini dikatakan mengadaptasi tahun 2070.

2. Rise of Nations

Game mirip Age of Empires yang bernama Rise of Nations ini dirilis kembali di tahun 2003. Judul RTS ini merupakan salah satu jajaran yang paling banyak digemari di seluruh dunia.

Berbeda dengan permainan RTS lainnya, game ini nantinya mengharuskan sang pemain mencari 6 buah sumber daya. Namun pada awal permainan jumlah sumber daya yang harus dicari hanyalah 3 buah saja.

Sumber daya yang perlu dicari antara lain makanan, uang, kayu, minyak, pengetahuan, dan juga besi. Para pemain akan menemui total sebanyak 8 zaman jika berhasil memainkan game ini hingga selesai,yaitu.

  • Zaman Ancient Age.
  • Zaman kedua adalah Classical Age.
  • Zaman Medieval Age.
  • Zaman Gunpowder Age.
  • Zaman Enlightenment Age.
  • Zaman Industrial Age.
  • Zaman Modern Age.
  • Zaman Information Age.

Pada setiap zaman akan ada 4 teknologi yang harus di-upgrade antara lain civics, commerce, military, dan juga science. Untuk permainan standard zaman yang ke-8 yaitu Information Age akan dicapai dalam waktu 1 jam.

3. Warhammer 40.000: Dawn of War

Dikembangkan oleh pengembang handal bernama Relic Entertainment, game Warhammer 40.000 berhasil memukau para penggemar. Awalnya dirilis RTS sekitar tahun 2004 kemudian di tahun 2009 rilis pengembangannya yaitu Dawn of War ll dirilis.

Menjadi permainan yang sering dipuji-puji karena menampilkan taktik serta strategi yang terbilang sangat kompetitif. Selain itu, tingkat kesulitan yang diberikan juga cukup menantang dimana pemain akan selalu diberikan kesulitan yang tinggi.

4. Command and Conquer: Red Alert 3

Permainan ini telah memperoleh review positif dari pengulas yang memuji komponen co-operative yang dihadirkan. Selain itu, adanya fitur untuk multiplayer juga menjadi sebuah kelebihan lain yang dimiliki oleh permainan ini.

Hal  di atas semkain menegaslan bahwa game ini memang bisa disebut game terbaik seperti Age of Empires. Di game ini pemain akan dibawa ke dalam era Perang Dunia II yang memang ada dalam sejarah.

5. Empire Earth 2

Mempunyai 14 buah peradaban berbeda yang bisa para pemain mainkan mulai dari zaman batu kemudian akan bertahap ke era modern. Ketika pemain berhasil melakukan pengembangan dan juga inovasi maka, zaman yang dimainkan akan berganti.

Empire Earth menyediakan banyak fitur luar biasa unik seperti adanya “Moral” yang mempengaruhi moralitas para musuh. Para pemain bisa memakai warga (citizen) untuk memperoleh sumber daya yang bisa menghasilkan senjata untuk menyerang musuh.

Selain itu citizen juga berguna untuk meningkatkan status yang tadinya Settlement jadi Town Center berjumlah 5 unit. Selanjutnya akan menjadi Capitol dimana jumlah maksimumnya adalah 50 unit dimana penambahannya akan bertahap.

Itulah daftar game mirip Age of Empires yang juga tidak kalah seru dari game tersebut dimana semuanya memiliki fitur menarik. Game tipe ini memang sangat menarik untuk dimainkan apalagi untuk yang suka game semacam ini.