Pengertian dan Cara Meningkatkan Fps Android Mudah

Untuk bisa bermain game secara optimal Anda harus tahu cara meningkatkan FPS android. Pengaturan grafik yang baik mempengaruhi kelancaran Anda saat bermain game nanti.

Frame per second atau FPS ini sangat berpengaruh pada kenyaman para gamer saat bermain game di android atau iOS. Dengan mengatur FPS dengan tepat Anda bisa mendapatkan tampilan yang sangat realistis tanpa adanya lag.

Untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman bermain game menjadi lebih baik, Ketahui pengertian dan cara meningkatkan FPS Android secara lengkap pada artikel berikut ini.

Pengertian FPS untuk Game dan Video di Android

FPS atau frame per second merupakan jumlah banyaknya fram yang dapat dihasilkan oleh perangkat yang digunakan setiap detiknya saat bermain game atau memainkan video. Semakin banyak FPS yang dihasilkan maka grafik yang terlihat juga akan semakin bagus.

Contohnya saja Anda akan menggunakan 30 FPS berarti akan ditampilkan 30 gambar perdetiknya. Yang mempengaruhi FPS berkualitas atau tidak tergantung dengan VGA Card yang digunakan.

Semakin berkualitas VGA card yang terpasang pada android Anda semakin baik juga grafis yang ditampilkan. Sebelum menentukan cara meningkatkan FPS Android secara tepat Anda harus mengetahui dulu cara mengukur FPS terbaik untuk game.

1. 15-30 FPS

Perangkat yang bisa menggunakan 15 FPS sampai dengan 30 FPS sudah cukup untuk bermain game. Tetapi game yang disarankan hanya permainan ringan saja dan tidak terlalu berat. Tentu saja perangkat android yang hanya bisa mencapai 15 FPS sampai dengan 30 FPS tidak bisa digunakan untuk game berat seperti Mobile Legends, FF, dan masih banyak lagi.

2. 30-45 FPS

Perangkat dengan maksimal FPS mencapai 30 sampai dengan 45 FPS sudah cukup untuk menampilkan grafis yang bagus. 45 FPS sudah cukup untuk memainkan game. Tetapi jika game tersebut mensyaratkan FPS yang lebih tinggi tentu saja Anda tidak bisa memainkan game tersebut.

3. 45-60 FPS

Dengan 45 FPS sampai dengan 60 FPS Anda sudah bisa memainkan game dengan nyaman dengan tampilan grafis HD. Bahkan dengan ukuran FPS ini Anda sudah bisa dengan nyaman memainkan game berat sekalipun.

Cara Meningkatkan Fps Android, Ikuti Langkah-Langkah Ini.

Tidak mengetahui cara meningkatkan FPS di perangkat Anda, berikut ini beberapa Langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membantu Anda untuk dapatkan pengalaman bermain game lebih nyaman.

1. Mainkan game sesuai dengan perangkat android yang digunakan

Untuk bisa meningkatkan FPS yang pertama harus dilakukan adalah memilih game yang sesuai dengan spesifikasi perangkat Android yang digunakan. Sangat tidak disarankan untuk memainkan game yang berat padahal perangkat tidak memadai.

Karena jelas saja jika Anda memilih game yang berat dengan FPS yang tidak memadai, cara meningkatkan FPS tidak akan bisa dilakukan.

2. Gunakan pengaturan gameplay paling sesuai dengan android yang digunakan

Cara meningkatkan FPS android selanjutnya agar tidak mudah lag dan error adalah menggunakan pengaturan gameplay yang paling sesuai dengan android yang digunakan. Disarankan untuk mengatur grafik terendah jika Anda ingin bermain game tanpa ada gangguan lag atau hang.

Jika memaksakan untuk mengatur FPS dengan pengaturan maksimal atau normal yang akan didapatkan permainan akan kuran. Kecuali jika perangkat yang digunakan sudah menggunakan VGA Card dan bisa diatur hingga di atas 60 FPS.

3. Reboot perangkat sebelum memainkannya

Tips terakhir cara meningkatkan FPS Android adalah melakukan reboot perangkat sebelum bermain game. Setelah melakukan reboot RAM yang digunakan lebih lega sehingga kelancaran dalam bermain game juga akan lebih baik.

Dengan mengatur FPS akan meningkatkan performa perangkat Anda, sehingga akan meningkatkan FPS dan tidak akan ada lagi ditemui permainan game yang lag atau frame drop.

Cara-cara yang sudah disebutkan berikut bisa Anda gunakan sebagai cara meningkatkan FPS android pada game online menggunakan koneksi internet maupun offline tanpa menggunakan koneksi internet.