Begini Cara Menambah RAM dengan Swapper di Android

Kali ini kami akan membahas tentang tata cara menambah RAM dengan Swapper untuk ponsel android. Dengan cara ini, kalian bisa menambah kapasitas memori di ponsel sehingga membuat kinerjanya lebih optimal.

RAM memang menjadi salah satu komponen penting dalam perangkat seperti smartphone. Kapasitas random access memory akan berkaitan dengan kinerja dari ponsel tersebut, semakin besar kapasitasnya maka semakin baik juga performa yang diberikan.

Sayangnya, berbeda dengan computer yang bisa menambah kapasitas RAM secara mudah. Kalian cukup ganti komponennya dengan membuka cpu tanpa ribet, tidak seperti di perangkat smartphone.

Sejatinya, kalian juga bisa upgrade RAM di smartphone dengan mengganti komponennya. Namun, komponen ini tidak diperjualbelikan secara bebas dan cara pergantiannya juga tidak semudah layaknya di computer.

Namun tenang, masih ada cara menambah RAM dengan Swapper. Tata caranya juga akan kami berikan secara rinci kepada kalian, jadi simak pembahasan di bawah ini untuk tahu detailnya.

Meningkatkan Kapasitas RAM di Ponsel Android

Salah satu solusi yang bisa digunakan ketika kalian ingin meningkatkan kapasitas memori pemrosesan di ponsel android adalah dengan melakukan swap. Cara ini juga populer karena terbilang mudah dan murah.

Teknik ini akan berperan untuk menyimpan berkas seperti cache di tempat khusus. Jadi, berkas yang semula tersimpan di memori tersebut akan dipindahkan ke penyimpanan lain sehingga mendapatkan ruang lebih besar.

Cara menambah RAM dengan Swapper atau biasa dikenal juga dengan virtual memori ini membutuhkan komponen tambahan. Jadi, kalian memerlukan memori penyimpanan eksternal seperti SD Card.

Ini adalah cara yang direkomendasikan untuk kalian yang menggunakan ponsel dengan spesifikasi memori kecil. Dengan begitu, tentunya akan mampu memberikan kalian performa ponsel yang lebih optimal.

Tata Cara Menambah RAM dengan Swapper Pada Ponsel Android

Sebagai informasi, untuk menambah kapasitas memori ini dibutuhkan akses root. Tanpa akses root, kalian tidak bisa memodifikasi sistem penyimpanan memori di ponsel android, jadi mustahil.

Makanya, pastikan ponsel android kalian sudah dalam keadaan rooted. Selain itu, pastikan juga ponsel android tersebut sudah dibekali dengan memori eksternal atau SD Card.

Disarankan, penggunaan memori eksternal atau SD Card adalah dengan kapasitas 8gb dan memiliki class 10. Ketentuan class ini sebaiknya diperhatikan, karena nanti akan berpengaruh pada performa memori tersebut.

1. Unduh aplikasi

Pertama-tama, unduh dulu aplikasi yang nanti akan dibutuhkan guna menambah kapasitas RAM di ponsel kalian. Akan dibutuhkan aplikasi berupa Swapper dan juga RAM manager, kalian bisa unduh di internet secara gratis.

2. Pengaturan di aplikasi Swapper

Jika sudah punya aplikasinya, cara menambah RAM dengan Swapper adalah dengan membuka aplikasinya. Pastikan dulu kalian sudah berikan izin akses root di aplikasinya dan aktifkan swap on boot.

Kemudian tentukan lokasi untuk swaping, pilih SD Card, kemudian isi kapasitasnya. Jika ingin menambah dari 1 gb ke 4 gb, isikan 3096mb, jadi tuliskan kapasitas memori tambahan yang diinginkan.

Jangan lupa untuk mengatur swappines di aplikasinya, gunakan saja pengaturan default yakni 60. Jika sudah, tinggal klik save dan cara menambah RAM dengan Swapper selesai.

3. Cek RAM manager

Untuk mengecek apakah proses penambahan kapasitas memorinya berhasil, buka apps RAM manager. Kalian bisa melihat berapa kapasitas memori yang tertulis di aplikasi tersebut untuk memeriksa keberhasilannya.

Jadi, memiliki ponsel android dengan kapasitas RAM kecil tidak perlu sedih. Karena dengan cara menambah RAM dengan Swapper ini, kalian bisa menambah kapasitasnya sehingga mendapatkan performa lebih baik.