Cara Mengatasi Force Close Pada Asus Zenfone

Hallo Shobatasmo – Berjumpa lagi dengan saya, yang kali ini akan membahas tentang sesuatu yang mungkin sangat penting bagi kalian para pengguna Android, khususnya Asus. Pembahasan kali ini adalah mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Force Close Pada Asus Zenfone. Tentunya sebagian dari kalian sudah pernah mengalami hal yang mengerikan ini, yaitu force close. Biasanya force close ditandai dengan beberapa notifikasi, misalnya  seperti “sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “This application has stopped unexpectedly”. Nah kan gak enak tuh, lagi asik – asik main game , internetan atau mendengarkan musik,  tiba – tiba aplikasinya menutup sendiri. Apalagi kalau misalnya kalian sedang main game dan belum disave eh tiba – tiba muncul tulisan “sayangnya aplikasi telah berhenti”, haha yakin nih pasti kalian bakal marah – marah gak jelas. Haha, kok saya bisa tau?, ya bisa lah karena saya juga pernah mengalami hal yang seperti itu, dan rasanya itu pengen…..asudahlah, haha. Namun kali ini kita akan menyelidiki apa sih yang menjadi penyebab dan cara mengatasi force close pada Asus Zenfone. Sebenarnya hal ini bukan terjadi pada Asus Zenfone saja namun juga sering terjadi pada smartphone lainnya. Oke,  langsung aja simak dan cermati penyebabnya di bawah ini :

Penyebab Force Close Pada Asus Zenfone

Faktor faktor yang menyebabkan android zenfone anda sering ada muncul force close

  • Versi Android tidak kompitable untuk aplikasi tersebut Maksudnya adalah sistem operasi android yang ada pada smartphone kalian tidak sesuai atau kurang memenuhi syarat untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  • Aplikasi masih beta, atau memang buggy Aplikasi yang masih beta atau banyak bugnya juga menjadi penyebab force close, karena komponen dari aplikasi tersebut masih belum pas atau aplikasi tersebut masih dalam tahap belum sempurna.
  • Aplikasi tersebut didapat dari luar playstore  Aplikasi yang kalian download dari luar playstore juga kemungkinan besar masih belum dapat dipercaya dan biasanya tidak cocok untuk smartphone kita dan akhirnya pas dibuka langsung terjadi force close.
  • Koneksi internet yang tiba – tiba putus (khusus untuk aplikasi online) Koneksi juga sangat mempengaruhi apikasi khususnya aplikasi online. Misalnya seperti gooogle crhome yang sering mengalami force close saat jaringan atau koneksi tiba – tiba terputus. Jika jaringan terputus secara tiba – tiba maka aplikasi itu akan langsung merespon adanya sesuatu yang tidak beres dan terjadilah force close
  • Data aplikasi yang corrupt Data aplikasi yang telah rusak atau data corrupt dapat menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka karena rusaknya beberapa bagian dari aplikasi tersebut.
  • Versi android terlalu tua Versi atau tipe android juga dapat mempengaruhi terjadinya force close, misalnya android yang sudah lama tidak akan bisa atau mungkin bisa tapi ngeden, haha dan akhirnya saat aplikasi dibuka malah force close.
  • Smartphone tidak kompitable untuk menjalankan aplikasi tersebut Nah tidak hanya versi os yg dapat mempengaruhi, namun tipe smartphone juga dapat mempengaruhi terjadinya force close. Misalnya jika smartphone tersebut tidak memenuhi standarisasi atau rekomendasi dari aplikasi yang dipakai tentunya, smartphone tersebut tidak kuat menjalankan aplikasinya dan terjadilah force close
  • Smatrtphone telah diroot atau heavy modified Smartphone yang telah diroot atau dimodifikasi sistemnya dapat menyebabkan force close karena smartphone yang diroot dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem dari smartphone tersebut.
  • Hardware samartphone yang rusak Misalnya ada beberapa komponen yang rusak seperti kamera, sambungan internet, maka aplikasi yang bersangkutan dengan hal itu tidak akan bisa dibuka. Maka hati – hati saat menggunakan smartphone kalian, dan rawatlah. Karena jika hardware rusak tentu saja akan terjadi kerusakan di beberapa sistem, dan akhirnya menyebabkan beberapa aplikasi tidak dapat dibuka.

Cara Mengatasi Force Close Pada Asus Zenfone

Nah, setelah kita mengetahui penyebabnya, sekarang kita akan mencoba mengatasi force close tersebut pada Asus Zenfone, eh bukan hanya untuk Asus Zenfone saja, tapi juga untuk smartphone yang lain. Sebelum melakukan atau mencoba cara berikut, ada baiknya kalian berdoa dulu agar prosesnya berjalan lancar dan sesuai harapan. Oke langsung aja cara agar tidak sering muncul force close di android zenfone ini :

  • Membersihkan data aplikasi Hal ini dapat dilakukan dengan cara clear data dan clear cache pada aplikasi yang bermasalah. Karena Force close juga dapat disebabkan oleh data aplikasi yang corrupt. Caranya, masuk ke pengaturan atau setelan, pilih apps/aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang bermasalah dan klik clear data atau clear cache. Setelah kalian melakukan clear data, maka data dari aplikasi tersebut akan terhapus semua. Untuk alternatifnya, kalian dapat menggunakan aplikasi clean master untuk membersihkan smartphone kalian dari data – data yang dirasa tidak penting.
  • Sambungkan smartphone ke internet Khusus untuk aplikasi yang berjalan secara online, maka kalian harus menyambungkan ponsel pintar kalian ke internet. Karena di jaman sekarang ini banyak sekali aplikasi yang hanya dapat berjalan jika ada akses internet, karena  itu ada baiknya sebelum kalian membuka aplikasi tersebut periksalah sambungan internet kalian. Selain membutuhkan akse internet,  biasanya beberapa aplikasi juga lokasi dari perangkat kalian, oleh sebab itu kalian perlu mengaktifkan lokasi dari smartphone kalian.
  • Reinstall aplikasi Cara yang paling mudah adalah dengan reinstall atau menginstall ulang aplikasi yang bermasalah. Apalagi aplikasi tersebut adalah aplikasi bajakan, maka menginstall ulang aplikasi tersebut sangat disarankan. Caranya, masuk ke setelan, pilih apps, kemudian pilih aplikasi yang bermasalah, klik copot pemasangan. Setelah itu coba install kembali dengan mendownload aplikasi tersebut, terlebih dahulu.
  • Manual force stop (paksa berhenti) Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi force close adalah dengan melakukan force stop, atau memaksa aplikasi untuk berhenti. Caranya, masuk ke setelan, pilih apps/aplikasi, pilih aplikasi yang bermasalah, kemudian pilih force close atau paksa berhenti. Setelah itu kalian dapat menjalankan aplikasi tersebut seperti biasa. Selain itu kalian juga dapat merestart smartphone kalian untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Update aplikasi Sebelum menginstall aplikasi dari playstore, ada baiknya kalian mengamati dan mencermati status atau keterangan dari aplikasi yang akan kalian install. Hal ini juga dapat memberikan pencerahan spesifikasi dari aplikasi tersebut. Karena biasanya ada beberapa aplikasi yang masih beta yang belum stabil dan tiba – tiba tertutup sendiri, crash ataupun force close. Jadi sebaiknya kalian mengecek update secara rutin dari aplikasi – aplikasi yang bermasalah pada ponsel kalian. Namun kalian juga harus berhati – hati dan mencermati saat menginstall update dari aplikasi tersebut, karena ada juga sistem update yang dapat membuat aplikasi jadi bermaasalah.
  • Update OS android Tidak hanya mengupdate aplikasi, kalian juga bisa update sistem operasi yang tersedia pada android kalian. Karena beberapa aplikasi juga memerlukan standarisasi dari suatu sistem operasi pada android, maka kalian disarankan untuk melakukan update sistem android kalian jika itu memungkinkan. Untuk itu, kalian bisa mengecek apakah ada update dari developer dengan cara masuk ke setelan, pilih about, kemudian system update, dan lihat disana apakah sudah tersedian update-an untuk versi terbaru dari android kalian.
  • Factor reset smartphone (kembali ke pengaturan pabrik) Mungkin ini adalah cara paling ekstrim ya, karena kita kita akan mengembalikan pengaturan smartphone kita kembali ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Dengan melakukan hal ini, semua data yang ada pada smartphone kita akan terhapus. Namun jika terjadi force close yang sangat parah yang terjadi pada lebih dari satu aplikasi maka pilihan ini bisa kalian pertimbangkan. Caranya masuk ke menu setelan, pilih backup & reset , kemudian pilih factory data reset (kembali ke pengaturan pabrik).  Namun sebelum melakukan langkah ini sebaiknya kalian melakukan backup data yang menurut kalian penting.
  • Upgrade smartphone Ini adalah cara yang paling mujarab, untuk mengatasi force close yaitu,”LEMBIRU”, alias lempar beli baru hahaha. Jika kalian ingin membeli smartphone yang baru lihatlah spesifikasi nya terlebih dahulu, agar kalian tidak menyesal dikemudian hari. Misalnya belilah smartphone dengan Ram minimal  2GB, Quad-Core processor, storage 32 GB, dan android versi terbaru, nah pastinya bakal mengatasi masalah kalian yang sering force close.
  • Report Cara yang terakhir adalah dengan melaporkan bug force close ke pada depelover dengan cara klik report jika pada keterangan force close tersedia pilihan report, jika tidak ya sudah haha. Namun cara ini tidak dapat mengatasi masalah kalian dengan cepat. Karena kalian diharuskan menunggu developer membaca laporan yang sudah kalian kirimkan, memperbaiki bug pada aplikasi dan merilis update terbaru dari aplikasi yang bersangkutan.  So pastinya proses ini akan memakan banyak waktu dan membuat kalian lupa.

    oke mungkin cuma itu pengetahuan saya mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Force Close Pada Asus Zenfone. Semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar jika ada yang ingin di tanyakan