Tips Menghadapi Wifi Samsung Tidak Bisa On pada PC

Wifi Samsung tidak bisa on seringkali menjadi kendala tersendiri yang dihadapi oleh para pengguna. Apalagi ditambah saat situasi dan kondisi yang genting dimana benar-benar tidak memiliki kuota internet memadai.

Sangat penting bagi semua pengguna mengetahui cara mengatasi perangkat WiFi HP Samsung berikut ini yang tidak bisa konek. Karena tentunya ketika masalah ini terjadi sangat merepotkan. Apalagi jika menyangkut tugas-tugas penting dan internet sangat dibutuhkan.

Tips Berikut Mengatasi Wifi Samsung Tidak Bisa On

Masalah tidak terhubung ke WiFi biasanya disebabkan oleh kerusakan pada router atau perangkat. Bagi Anda yang menghadapi situasi seperti ini, berikut beberapa rekomendasinya bisa dicoba.

1. Memastikan Ketersediaan Router

Jika wifi Samsung tidak bisa on ke ponsel Samsung Anda, coba periksa router Anda terlebih dahulu. Pastikan berfungsi dengan baik atau tidak. Beberapa indikator untuk diperiksa menunjukkan bahwa router dihidupkan. Pastikan juga terkoneksi dengan internet.

Jangan letakkan ponsel di luar radar Wi-Fi router. Jika WiFi dimiliki secara pribadi, pengguna dapat mengatur ulang router. Dipercayai bahwa metode ini dapat mengelabui perangkat agar menemukan jaringan. Namun jika menggunakan WiFi di tempat umum, Anda bisa bertanya kepada stafnya.

2. Nyalakan Ulang HP Samsung

Jika Anda sudah mencoba mengatur ulang router tetapi ponsel Samsung Anda masih wifi Samsung yang tidak bisa on, Anda dapat menggunakan cara ini. Restart harus memperbaiki semua masalah. Jadi tidak ada salahnya dicoba. Caranya buka quick panel dan klik icon power. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih menu restore.

3. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Cara mengatasi wifi Samsung tidak bisa on HP Samsung selanjutnya adalah dengan mereset pengaturan jaringan. Karena di tempat umum, perangkat otomatis merekam sinyal WiFi yang ditangkap. Jika terlalu banyak, jaringan baru mungkin tidak dapat terhubung. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mengatasi masalah ini:

  • Buka menu Pengaturan dan temukan opsi Manajemen Umum. Selanjutnya cari menu Reset Network Settings.
  • Setelah itu, klik opsi Atur Ulang Pengaturan.
  • Terima semua proses dengan menekan Reset.
  • Wi-Fi, data seluler, dan informasi Bluetooth diatur ulang secara otomatis.

4. Boot HP Samsung Ke Safe Mode

Silakan masuk ke Safe Mode untuk mengatasi masalah ponsel Samsung ini. Mode ini memaksa pengguna untuk menguji jaringan Wi-Fi mereka. Jika terhubung, yakinlah bahwa kesalahan tersebut disebabkan oleh aplikasi yang perlu dicopot pemasangannya, lakukan hal berikut:

  • Buka pengaturan cepat dan klik ikon daya.
  • Sentuh dan tahan ikon hingga Safe Mode muncul. Jika berhasil login, maka akan ditandai dengan tulisan Safe Mode di pojok kiri bawah.

5. Pastikan Kata Sandi Sudah Benar

Jika Anda memeriksa sambungan Wi-Fi dan melihat ikon gembok di sebelahnya, berarti sambungan tersebut dilindungi kata sandi. Saat mencoba terhubung, berhati-hatilah saat memasukkan kata sandi.

Pengguna harus memastikan bahwa mereka akurat dan sesuai. Karena password untuk jaringan WLAN sangat sensitif terhadap penggunaan huruf kapital.

6. Reset HP Samsung

Berbeda dengan hard reset, proses hard reset menghapus semua data yang tersimpan di perangkat. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa file tersebut terproteksi. Cara mereset ponsel Samsung saat wifi Samsung tidak bisa on:

  • Buka Pengaturan dan temukan Manajemen Umum. Kemudian klik menu Factory Reset.
  • Gulir ke bawah layar untuk menemukan tombol Reset.
  • Tekan Hapus Semua untuk memulai.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi koneksi WiFi HP Samsung yang tidak bisa dengan mudah terkoneksi. Pengguna tidak perlu panik jika suatu saat tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah masalahnya ada di perangkat lain. Beberapa cara diatas bisa membantu Anda mengatasi permasalahan pada koneksi internet. Utamanya dalam hal wifi Samsung tidak bisa on pada Android yang Anda gunakan saat ini.