Wi-Fi tidak berfungsi: Apa solusinya?

Hallo Shobatasmo – Apa gunanya smartphone jika tidak dapat terhubung ke internet? Perangkat Android Pasti sering mengalami masalah dengan konektivitas. Apakah koneksi datang dan pergi atau perangkat tidak dapat terhubung sama sekali, itu adalah mimpi buruk ketika Kamu tidak bisa online. Inilah yang harus dilakukan ketika Wi-Fi tidak berfungsi pada ponsel cerdas Kamu.

Solusi Wifi Tidak Berfungsi di Android

1. Mode pesawat dan reboot sistem

Jangan pernah mengabaikan solusi paling sederhana. Seringkali kita mencari metode yang rumit, tetapi jika Wi-Fi tidak berfungsi, salah satu solusi klasik mungkin menyediakan obatnya. Seperti yang harus diketahui oleh semua pemimpin teknologi, ‘mematikan dan menghidupkannya lagi’ adalah halaman pertama dari Alkitab tentang pemecahan masalah. Pertama, Kamu harus menonaktifkan dan mengaktifkan kembali koneksi. Buka menu pengaturan cepat dengan gerakan geser ke bawah dari atas layar dan pilih ikon Wi-Fi untuk menonaktifkannya. Jika menu tarik-turun tidak menawarkan ikon ini, buka laci aplikasi, buka Pengaturan dan buka dari sana.

Lakukan hal yang sama dengan router rumah Kamu: matikan dan, setelah setidaknya dua menit, nyalakan lagi. Solusi sederhana lainnya adalah mengaktifkan mode Pesawat selama beberapa detik, nonaktifkan dan periksa koneksi Kamu lagi.
androidpit wi fi tidak bekerja dengan cepat pengaturan mode pesawat
Buka Pengaturan Cepat Kamu dan matikan koneksi, atau coba mode pesawat.

Jika koneksi Wi-Fi Kamu terus menyebabkan masalah, coba mulai ulang perangkat Kamu. Jika masalah terjadi setelah pembaruan ke versi Android baru, coba mulai ulang ponsel cerdas Kamu dalam mode aman:

  • Tekan tombol daya
  • Dari opsi di layar, tahan opsi Matikan selama beberapa detik
  • Pilih OK ketika ditanya apakah Kamu ingin reboot ke safe mode.
  • Setelah dalam mode aman, nyalakan ulang perangkat Kamu secara normal

androidpit wi fi tidak bekerja reboot safe mode
Restart sederhana bisa cukup untuk menyelesaikan masalah Wi-Fi Kamu. Kamu sekarang harus dapat terhubung ke jaringan WiFi tanpa masalah, tetapi jika masalah berlanjut, coba cara lain.

2. Wi-Fi terputus dengan sendirinya

Alasan paling jelas untuk masalah ini adalah bahwa Kamu belum mengaktifkan opsi Tetap Wi-Fi selama tidur. Pengaturan ini secara otomatis memutuskan perangkat Kamu dari jaringan Wi-Fi untuk menghemat baterai.

Untuk mengubah ini, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Wi-Fi, tekan trio titik di bagian bawah layar atau roda gigi, jika Kamu memilikinya
  • Tekan Tetap nyalakan Wi-Fi selama tidur.
  • Pilih Ya / Selalu untuk menikmati konektivitas tanpa batas

Pastikan koneksi Wi-Fi Kamu selalu diaktifkan, bahkan saat Kamu tidur.

3. Cara mengakses jaringan ad-hoc atau tersembunyi

Ada dua hal yang membatasi akses otomatis ke jaringan: jaringan yang ingin Kamu sambungkan termasuk jenis tertentu atau jaringan disembunyikan karena alasan keamanan. Mengenai masalah pertama, sebagian besar ponsel Android tidak dikonfigurasikan untuk bekerja di jaringan ad-hoc. Tetapi orang-orang baik di forum pengembang XDA berhasil membuat patch untuk melewati batasan ini. Dengan file patch wpa_supplicant, Kamu dapat terhubung ke jenis jaringan ini.

Peringatan: Solusi ini dari forum Pengembang XDA ditujukan hanya untuk pengguna tingkat lanjut; kami di AndroidPIT tidak akan bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada perangkat Kamu. Jika masalah terkait dengan jaringan tersembunyi, Kamu dapat mencoba menambahkannya secara manual. Buka Pengaturan> Wi-Fi> Tambahkan jaringan. Masukkan SSID dan kata sandi yang benar, dan Kamu sekali lagi dapat menjelajahi web dan menanggapi pesan WhatsApp Kamu.
cara memperbaiki wifi 03
Sudahkah Kamu mencoba menambahkan jaringan secara manual?

4. Masalah dalam mendapatkan alamat IP? Pikirkan memperbaiki wifi!

Apakah Kamu memiliki masalah dengan akuisisi IP? Apakah Kamu terjebak dalam cengkeraman infinite loop selama proses otentikasi? Terkadang Wi-Fi tidak berfungsi karena gagal melakukan proses ini. Jika Android Kamu tidak dapat terhubung ke jaringan, reboot router terlebih dahulu. Jika masalah berlanjut, lakukan reset pabrik.

Apakah ini tampak seperti solusi drastis untuk masalah ini? Memang benar, tapi untungnya ada solusi lain sebelum Kamu melakukannya: Kamu dapat mengunjungi Google Play Store dan mengunduh fix wifi (dengan asumsi Kamu memiliki data seluler).
memperbaiki wifi Instal di Google Play

Aplikasi ini mengembalikan file sistem Wi-Fi dan beberapa layanan penting untuk berfungsinya jaringan. Aplikasi ini akan menjaga perangkat Kamu ketika mencoba untuk mendapatkan alamat IP. Ini adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan, tidak memiliki antarmuka yang cantik, tetapi begitu Kamu memahami cara kerjanya dan melalui tutorial singkat, ini akan membantu Kamu memecahkan masalah dengan koneksi Kamu.
cara memperbaiki wifi 04
Setelah memperbaiki wifi yang terpasang seharusnya Kamu dapat mulai menjelajahi web.

5. Wi-Fi sangat lambat

Jadi Kamu akhirnya dapat terhubung, tetapi kecepatannya sangat lambat, Kamu bahkan tidak dapat menelusuri web? Jika Kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, masalahnya mungkin hanya kemacetan jaringan: terlalu banyak pengguna sekaligus.

Jika Kamu yakin router Kamu berfungsi dengan baik, sinyalnya cukup kuat, dan tidak ada gangguan, periksa kecepatan jaringan dengan menginstal Speedtest di perangkat Kamu. Ini adalah layanan yang Kamul dan akurat yang, dalam beberapa detik, akan menunjukkan kepada Kamu kecepatan unduhan dan unggah dan ping yang sebenarnya, membantu Kamu mengidentifikasi masalah yang mendasarinya.
Speedtest oleh Ookla Instal di Google Play

Jika Kamu memiliki izin root, dan Kamu sudah terbiasa dengan Android, Kamu dapat mempercepat koneksi pada perangkat Kamu dengan mengedit file sistem tertentu yang berisi konfigurasi TCP / IP.

6. Wi-Fi publik kadang-kadang membutuhkan masuk

Pernah melewati bKamura dengan waktu untuk membunuh dan melihat tKamu untuk Wi-Fi gratis tetapi menjadi frustrasi ketika Kamu tidak bisa terhubung? Kami mungkin punya solusi untuk Kamu. Seringkali, jaringan Wi-Fi publik seperti ini – itu sama di McDonald dan Starbucks di beberapa negara – mengharuskan pengguna untuk masuk dan menerima beberapa syarat dan ketentuan sebelum memungkinkan mereka untuk menggunakan koneksi.
tips dan trik ..
Jika Wi-Fi publik Kamu tidak berfungsi, Kamu mungkin harus masuk.? /

Kamu harus diminta untuk melakukan ini melalui pemberitahuan segera setelah Kamu terhubung, tetapi itu tidak selalu terjadi. Jika Kamu telah berhasil terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, tetapi WhatsApp Kamu atau aplikasi lain masih tidak akan diperbarui, coba buka Chrome atau browser pilihan Kamu dan Kamu harus diarahkan ke halaman masuk yang sesuai. Setelah Kamu melewati beberapa rintangan, Kamu akan dapat menggunakan Wi-Fi secara bebas.

7. Reset pengaturan jaringan

Dimungkinkan untuk mereset pengaturan jaringan Kamu secara manual melalui bagian pencadangan dan pengembalian opsi pengaturan perangkat Kamu. Buka pengaturan Kamu dan pilih sistem. Temukan jalan Kamu ke bagian pencadangan dan pengembalian atau setel ulang jika Kamu memilikinya. Selanjutnya, pilih setel ulang pengaturan jaringan dan Kamu akan melihat Wi-Fi dalam daftar bersama dengan data seluler dan Bluetooth. Kamu harus mengonfirmasi pola kunci, sidik jari, atau kata sandi kunci untuk melakukan reset. Diperingatkan: Kamu akan menghapus semua pengaturan koneksi jika Kamu melakukan ini dan mulai lagi dari awal, tetapi itu bisa menyelesaikan masalah koneksi Wi-Fi Kamu.

Ini adalah solusi paling umum yang harus Kamu coba jika Kamu mengalami masalah dengan Wi-Fi Kamu. Apakah Kamu mengenal orang lain? Tinggalkan komentar untuk kami