Cara Mengatasi Layanan Aktivasi SIM Xiaomi Tidak Aktif

Terdapat beberapa cara mengatasi layanan aktivasi SIM Xiaomi yang dapat dilakukan. Layanan aktivasi SIM Xiaomi memang seringkali memunculkan notifikasi yang sangat mengganggu bagi para penggunanya.

Biasanya akan memuncul notifikasi bertuliskan “Can’t Activate Your SIM Card”. Pesan pop-up ini tersebut sering muncul yang terkadang dapat menutup notifikasi penting lain.

Dengan munculnya notifikasi tersebut merupakan sebuah penanda kalau sistem Xiaomi tidak bisa mengaktivasi SIM card yang terpasang pada smartphone. Aktivasi SIM card ini, sangat penting untuk dilakukan, terutama jika terjadi kehilangan HP.

Penyebab Notifikasi Aktivasi SIM Sering Muncul

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan notifikasi aktivasi SIM yang sering muncul. Sesuai dengan tulisan yang tertera pada notifikasi tersebut, berarti Anda belum berhasil dalam melakukan registrasi nomor yang digunakan ke MIUI Xiaomi.

Namun terdapat beberapa cara mengatasi layanan aktivasi SIM Xiaomi yang dapat dicoba. Fungsi dari melakukan registrasi atau pendaftaran nomor kartu SIM antara lain adalah sebagai berikut.

  • Dapat bergabung dengan komunitas untuk berdiskusi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan HP Xiaomi.
  • Bisa mendapatkan fitur Mi Cloud sebagai penyimpanan file online sebesar 5GB.
  • Dapat melakukan kirim pesan gratis antar sesama pengguna Xiaomi melalui fitur MI Messages.
  • Ketika ponsel hilang, dapat menggunakan Find My Device.

Apabila telah melakukan registrasi nomor HP yang digunakan melalui situs resmi xiomi, maka berbagai fitur penting tersebut dapat nikmati. Sehingga anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi layanan aktivasi SIM Xiaomi.

Cara Mengatasi Layanan Aktivasi SIM Xiaomi Tidak Aktif

Dilansir dari situs resmi Xiaomi yaitu Mi.com, ada 3 cara yang bisa dilakukan agar notifikasi tersebut tidak muncul lagi pada tampilan ponsel Xiaomi. Cara-caranya adalah sebagi berikut:

1. Melakukan Isi Ulang Pulsa

Cara mengatasi layanan aktivasi SIM Xiaomi yang pertama adalah dengan mengisi pulsa pada ponsel Xiaomi yang digunakan.

Hal ini berfungsi supaya sistem pada Xiaomi secara otomatis akan mengirimkan SMS verifikasi. Tarif yang dikenakan sesuai dengan kebijakan SMS ke luar negeri operator yang digunakan.

Xiaomi akan melakukan verifikasi secara otomatis, sehingga tidak perlu melakukan secara manual. Hal ini sering terjadi pada pengguna prabayar dan ketika pulsanya tidak ada, Xiaomi tidak dapat mengaktivasi SIM card dengan otomatis.

Besaran pulsa yang diperlukan terhitung tidak banyak, yaitu berkisar antara Rp500 hingga Rp1.000. Sehingga apabila berniat menggunakan cara ini, dapat membeli pulsa secukupnya saja.

2. Mematikan MI Messaging

Mematikan MI Messaging adalah cara mengatasi layanan aktivasi SIM Xiaomi selanjutnya. Dengan menonaktifkan fitur MI Messaging akan sekaligus mematikan pemberitahuan aktivasi SIM yang sering muncul pada ponsel.

Hanya saja resiko dari cara ini adalah tidak akan mendapatkan notifikasi apabila SIM card belum teraktivasi. Langkah-langkah dalam mematikan fitur Mi Messaging adalah sebagai berikut.

  • Masuk pada Settings.
  • Pilih menu System Apps.
  • Tap pada menu Messaging.
  • pilih menu Mi Messaging, geser slider pada toggle ke sebelah kiri untuk menonaktifkan fitur.

 

3. Mendaftarkan Nomor Ponsel Melalui Situs Mi.com

Langkah terakhir adalah cara yang paling direkomendasikan, karena selain tidak mengeluarkan biaya, juga dapat menikmati banyak fitur apabila mengaktifkan SIM card melaui situs resmi Xiaomi. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka situs Mi.Com.
  • Klik menu Daftar pada pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Daftar melalui Nomor Telepon.
  • Masukkan nomor telepon yang digunakan.
  • Lalu, Xiaomi akan mengirimkan sebuah kode melalui SMS.
  • Masukkan kode tersebut dan klik Berikutnya.

Ketiga langkah tersebut merupakan cara mengatasi layanan aktivasi SIM Xiaomi tidak aktif yang dapat dicoba dan diperaktekkan.