Berikut Web Garansi TAM dan Cara Mengeceknya

Web garansi TAM menjadi salah satu tempat yang penting bagi para pengguna Smartphone Xiaomi. Di Indonesia diketahui bahwa tidak semuanya Smartphone Xiaomi mempunyai garansi resmi.

Oleh karena itu mengetahui dengan baik, apakah Smartphone yang dibeli mempunyai garansi yang resmi atau tidak. Sebab jika tidak resmi, maka nantinya berisiko tidak akan dapat dipakai di Indonesia. Sesuai dengan pemblokiran IMEI yang dikhususkan pada smartphone ilegal.

Pemblokiran IMEI ini tentunya akan menimbulkan kerugian bagi banyak penngguna. dampak dari itu cukup fatal sebab tidak dapat memakai jaringan seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat XL, dan lainnya.

Untuk Anda yang mempunyai smartphone garansi resmi tidak usah khawatir terkait hal ini. Sebab IMEI Anda telah terdapat pada database kementerian perindustrian Republik Indonesia. Oleh karena itu pemblokiran tidak berlaku bagi Smartphone Anda.

Sebaliknya, bila Anda memakai Smartphone yang ilegal maka Anda harus berhati-hati akan hal ini. Penting bagi pengguna Xiaomi mengecek melalui web garansi TAM. Tidak sedikit pengguna smartphone Xiaomi yang tak mengetahui garansi yang mereka punya.

Bagi Anda yang memakai garansi distributor perlu terus waspada ketika peraturan pemblokiran IMEI diberlakukan. Tak hanya itu, Smartphone ilegal pun akan sangat sulit mendapat perbaikan walaupun memiliki garansi distributor.

Oleh karena itu penting sekali untuk membeli smartphone Xiaomi yang mempunyai garansi resmi bukan garansi distributor. Ketika membeli Smartphone, Anda wajib memeriksa garansinya dahulu dan cara memeriksanya itu juga tidak sulit.

Cara Cek Garansi Xiaomi Melalui Dusbook

Cara yang paling mudah untuk tahu apakah garansi Xiaomi Anda itu resmi selain web garansi TAM yaitu  melihat di kotak kemasannya. Jika di kotak ada tulisan stiker TAM, maka itu dapat dipastikan merupakan produk resmi.

Buat yang belum tahu, TAM adalah singkatan PT Telematika Artha Mandiri yang adalah distributor resmi dari Xiaomi di Indonesia. Tak hanya pada stiker, namun di kotak kemasan itu juga terdapat tulisan PT Sat Nusapersada Tbk yang lokasinya ada di Batam.

Lokasi ini menunjukkan jika Smartphone yang Anda beli itu merupakan produk resmi yang telah dibuat di Indonesia. Sementara smartphone Xiaomi dengan garansi distributor tertulis Made in China.

Di bagian dalamnya pun akan tampak buku panduan serta pusat layanan yang menggunakan  bahasa Indonesia. Adapun cara untuk memeriksa garansi Xiami tidaklah sulit.

Namun bisa saja menjadi masalah apabila Anda membeli smartphone second/bekas yang tidak mempunyai dusbook. Jika hal tersebut muncul, maka  Anda dapat  melakukan hal-hal di bawah ini.

Cara Cek Web Garansi TAM

Xiaomi memiliki situs khusus yang dapat Anda pakai untuk memeriksa garansi Xiaomi. Alamat situs web garansi TAM tersebut yaitu http://buy.mi.com/id/registration. Ketika mengakses website ini, Anda akan melihat bagian kolom nomor dari IMEI.

Di sana Anda dapat mengisi nomor IMEI yang ada. Setelah mengisi nomor ini, maka akan tampak nama distributor yang memberi garansi.

Jika muncul Erajaya, maka Smartphone yang Anda punya merupakan smartphone resmi. Namun sebaliknya, jika tulisannya menggunakan tulisan Cina, maka Anda mempunyai smartphone yang ilegal.

Cara Periksa Garansi Xiaomi dan Imei Xiaomi

Setelah mengetahui web garansi TAM, kemudian berlanjut mengenai IMEI Xiaomi. IMEI merupakan identitas smartphone. Untuk tiap tipe Smartphone mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda.

Caranya mudah, Anda hanya cukup mengetik kode *#06# yang akan menampilkannomor IMEI dengan otomatis. Usai mencatat nomor IMEI tersebutm Anda dapat membuka https://imei.kemenperin.go.id/.

Anda dapat memasukkan nomor IMEI tersebut ke kolom pencarian. Apabila nomor itu resmi, maka tentunya akan muncul tulisan nomor IMEI Anda sudah terdaftar.

Untuk melalukan pengecekan garansi HP khususnya Xiaomi sering kali diabaikan oleh para penggunanya. Padahal akan berisiko buruk jika sampai menggunakan versi yang tidak terdaftar. Namun, kini Anda sudah bisa mengetahui cara mengecek Xiaomi dari web garansi TAM.