Contoh Pidato Singkat Tentang 1 Muharram ( Singkat Padat & Jelas )

Hallo Shobatasmo – Tahun baru Islam atau bulan Muharram di indonesia dan di seluruh dunia yang beragama islam sangat penting, dengan seiring bertambahnya tahun tentunya kita harus lebih khusu dalam beribadan dan mendekatkan kepada Allah SWT.

Tahun Baru Islam untuk sebagian orang dan sekitar mesjid atau pesantren biasanya mereka menyambut dnegan cara merayakan pawai obor atau mengadakan acara keagamaan yang meriah untuk memperingati tahun baru islam.

Mengingat pentingnya tahun baru islam kali ini saya akan memberikan contoh pidato yang singkat padat dan jelas tentunya yang bisa kamu ambil dan praktekan buat nanti di baca di saat anda berpidato,dan dibawah ini adalah contoh pidato singkat padat dan jelas tentang 1 Muharram.

 Contoh Pidato Singkat Tentang 1 Muharram

Assalamualaikum Wr. Wb
Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan yang berbahagia ini pertama-tama marilah kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dengan mengerjakan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Disamping itu marilah kita bersyukur kepada-Nya atas segala rahmat, ni’mat, taufiq serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita sekalian, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul dan menghadiri acara ini untuk memperingati tahun baru islam atau lebih tepatnya memperingati 1 Muharram 1439 H.

    Hadirin yang saya hormati,

Pidato yang akan saya sampaikan ini menerangkan tahun baru Islam. Untuk menghadapi tahun baru Islam ini kita harus pandai-pandai mengoreksi pada diri kita masing-masing. Bagaimana hasil amal perbuatan yang telah kita lakukan, apakah sudah baik atau masih buruk. Apabila sudah baik kita tingkatkan dan apabila masih banyak kekurangan atau masih ada kejelekan bisa kita perbaiki lagi.

    Sebagai firman Allah SWT pada Surat Al-Hasyr : 8 yang artinya

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kalian kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang sudah dilakukan untuk hari esok”

Ayat tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa kita dianjurkan supaya takut kepada Allah dan mengoreksi diri kita masing-masing atas segala perbuatan yang telah kita lakukan untuk menghadapi hari esok (hidup di akherat kelak).

    Hadirin yang saya hormati,

Khalifah Umar Bin Khatab R.A telah menetapkan perhitungan tahun Islam yang sangat populer disebut tahun Hijriyah. Sebab tahun pertamanya ditetapkan mulai hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Makkah kekota Madinah yaitu pada tahun 622 Masehi.

Adapun tujuan sahabat Umar bin Khatab R.A memilih peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah sebagai momentum yang paling tepat untuk menentukan awal tahun Islam. Karena peristiwa tersebut mengandung ma’na yang sangat penting bagi ummat Islam khususnya dan bagi ummat manusia umumnya.

    Hadirin yang berbahagia,

Kita juga diperintahkan berhijarah sebagaimana Rasulallah SAW diperintahkan hijrah. Hanya saja hijrah yang harus kita lakukan sekarang ini adalah disebut hijrah qalbiyah, yaitu berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Berusaha supaya masa depan kita lebih baik dari masa yang lalu. Hendaklah hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Maka peristiwa hijrah Rasul tersebut marilah kita jadikan sebagai promotor atau pendorong untuk melakukan hijrah dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari kemusyrikan menuju ketauhidan, dari kebodohan menuju kemajuan dan dari kemiskinan menuju kecukupan.

    Penutup Pidato Tahun Baru Islam

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan pidato ini disertai hidayah dan ridha Allah serta kita diberi panjang umur yang bisa kita pergunakan untuk beramal baik. Amiiin

Wassalamualaikum Wr. Wb

Nah itu tadi dia mengenai Contoh Pidato Singkat Tentang 1 Muharram yang bisa kamu baca dan praktekan nanti baik itu disekolahan ataupun di tempat yang dimanapun akan anda bacakan. terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat jangan lupa share ke teman kamu jika ada teman yang kebingungan membuat pidato singkat padat dan jelas tentang 1 Muharram.