Penyebab Kartu Three Tidak Bisa Kirim SMS dan Cara Mengatasinya

Ada banyak penyebab kartu Three tidak bisa kirim SMS. Ini bisa disebabkan oleh pulsa, jaringan, atau bahkan virus. Kondisi ini memang jarang dialami oleh kebanyakan orang. Ini terjadi karena keberadaan SMS sendiri sudah jarang dimanfaatkan.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi chatting ketika mengirim pesan seperti WhatsApp, Line, atau Signal. Namun patut diakui kalau ada beberapa kondisi di mana SMS ini tetap dibutuhkan.

Tentu akan sangat menyebalkan jika Anda tidak bisa melakukannya ketika berada pada situasi terdesak. Berbicara tentang SMS sendiri memang sederhana. Ini bisa dilakukan walaupun kondisi jaringan sedang tidak stabil.

Cara Mengatasi Kartu Three Tidak Bisa Kirim SMS

Untuk mengatasi kartu Three yang tidak bisa kirim SMS, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Caranya sendiri berbeda-beda tergantung penyebabnya. Oleh karena itu, berikut beberapa opsi yang bisa dicoba ketika mengalami masalah ini.

1. Cek Pulsa

Opsi pertama ketika kartu Three tidak bisa kirim SMS bisa dilakukan dengan mengecek pulsa. Intinya Anda perlu mengecek apakah pulsa tersedia atau tidak. Perlu diingat, keberadaan pulsa ini wajib apabila Anda tidak memiliki paket SMS.

Jika pulsa ini dicek dan ternyata kosong, Anda perlu mengisinya terlebih dahulu. Tidak perlu mengisi pulsa dalam jumlah besar. Hanya dengan Rp5000 maka pulsa yang masuk sudah cukup untuk mengirim SMS. Tetapi jika masalahnya bukan pada pulsa, lanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Jaringan

Hal berikutnya yang bisa dilakukan saat kartu Three tidak bisa kirim SMS terletak pada jaringan. Intinya Anda perlu mengecek apakah jaringan tersebut tersedia atau tidak. Jika tidak tersedia pengiriman pesan memang tidak bisa diakukan.

Ada dua hal yang bisa dipastikan ketika mengecek soal jaringan. Pertama pastikan pengaturan jaringan sudah update dan sesuai dengan kondisi terkini. Jika ini sudah dipastikan, coba cek wilayah di mana Anda berada.

Apabila wilayah tersebut memang tidak mendukung provider yang digunakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama Anda bisa memutuskan untuk berganti provider. Selanjutnya Anda juga bisa memutuskan untuk berpindah tempat ke lokasi yang ada sinyal.

3. SMSC

Hal berikutnya yang bisa dilakukan saat kartu Three tidak bisa kirim SMS adalah memperbaiki nomor SMSC. Nomor SMSC sendiri bisa dilihat pada pengaturan pesan. Walaupun biasanya dikelola secara otomatis, ada kondisi di mana nomor SMSC ini bermasalah.

Pada kondisi tersebut, Anda perlu memperbaikinya secara manual. Untuk memperbaikinya, masuk ke aplikasi pesan dan pilih opsi pengaturan. Dari sana pilihlah pengaturan SMSC. Nantinya isi kolom kosong yang muncul dengan +6289644000001 sebagai nomor SMSC.

4. Nomor Center

Anda kondisi di mana opsi SMSC tidak tersedia di pengaturan pesan. Jika kartu Three tidak bisa kirim SMS dan kondisinya seperti itu, coba saja cara berbeda. Caranya dengan membuka dial pad dan memasukkan nomor *#*#4636#*#*.

Nantinya Anda akan otomatis masuk ke opsi device information dan lanjutkan dengan masuk ke bagian SMSC. Di sini masukkan saja nomor seperti yang dijelaskan di atas. Nomor itu sendiri adalah kode SMSC untuk kartu Three.

5. Virus

Opsi terakhir yang bisa dilakukan saat kartu Three tidak bisa mengirim SMS adalah dengan melakukan scan terhadap virus. Virus atau malware ini bisa sangat mengganggu kinerja ponsel. Mengecek virus sendiri bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi tambahan.

Intinya yang harus dilakukan saat ponsel tidak bisa kirim SMS adalah mencoba berbagai cara. Jika cara yang dilakukan sedikit, sangat mungkin hasilnya kurang memuaskan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencobanya saat kartu Three tidak bisa kirim SMS.