Cara MengCopy Aplikasi Android Menjadi Banyak Terbaru

Hallo Shobatasmo – Diera Sekarang aplikasi di smartphone pastinya sangat tinggi dan masyarakat zaman now, mulai dari aplikasi  sosial media, game, fotografi, edukasi dan masih banyak yang lainnya. Tapi dari semua itu pernah gak kamu berpikir kalau satu aplikasi yang sama bisa di Cloning atau di duplikat menjadi 2 atau banyak ?.

Misalnya kamu yang sibuk di bidang sosial media, punya dua nomer/akun dan keduanya ingin menggunakan aplikasi Whatsapp atau Line, ya mungkin aja nomer yang “A” untuk bisnis dan yang “B” khusus untuk keluarga atau orang terdekat, dan dari yang kita ketahui untuk satu handphone biasanya kita hanya bisa menggunakan satu Whatsapp/Line.

Lantas bagaimana caranya biar satu handphone khususnya android bisa menggunakan dua Whatsapp atau Line sekaligus ?. Kalau di Android 5.0 (Lollipop) ada yang namanya Guest Mode atau menambahkan user dan di Xiaomi ada “Second Space”, kedua metode ini memang bisa kita gunakan untuk menggunakan dua buah aplikasi yang sama dalam satu hape.

Tapi yang kurang enaknya (bagi saya) metode tersebut mengharuskan kita gonta ganti user atau harus switch terlebih dahulu agar bisa mengakses aplikasi yang dimaksud.

Nah terus ada gak sih yang bisa Cloning aplikasi agar kita bisa menggunakannya tanpa harus switch atau gonta ganti akun dan tentunya dalam satu hape yang sama ?, kebetulan saya nemu aplikasi yang dimaksud, Walaupun masih dalam tahap pengembangan (BETA) dan juga di Play Storepun belum rilis bagi semua pengguna, tapi lumayan kok buat dicobain :D, yang penasaran berikut aplikasinya.

ISLAND

Island ? apa sih island itu ? singkatnya dengan aplikasi “Island” ini kita bisa Cloning atau menduplikat aplikasi  yang kita inginkan dalam satu sistem.

Yang saya suka dari “Island” ini kita bisa Cloning atau menduplikat Aplikasi di android kita tanpa harus gonta-ganti user seperti yang saya maksud di atas.

Dan juga aplikasi yang di Cloning atau duplikat tadi tidak memakan Storage tambahan !, kalau di ibaratkan sih aplikasi ini semacam membuat shortcutnya saja tapi data yang digunakan tetap satu, yang mau cobain langsung aja cek di Link berikut :

IslandVia Google Play Store

Cara Menggunakannya

Cara pakainya sendiri sangat gampang, kita tinggal masuk ke menu “Mainland” lalu pilih aplikasi mana yang mau di Cloning atau di duplikat dan selanjutnya klik tombol “+” kemudian lanjut klik “Continue“, dan nanti ada muncul semacam konfirmasi instalasi apk seperti biasanya tapi proses ini gak memakan storage sama sekali, jadi aman buat yang storage atau penyimpanan hapenya kecil.

Ada dua cara untuk mengakses aplikasi hasil cloning yang kita buat tadi :

Langkah Pertama

  • Masuk aplikasi Island.
  • Masuk ke tab “island” (menu yang di pojok kiri atas).
  • Pilih aplikasi mana yang mau di buka, lalu klik tanda panah yang ada di pojok kanan.

Langkah Kedua

Kalau pertama tadi kita buka app Cloningnya via Island, kali ini kita coba buat shortcut di Launcher, agar bisa kita akses dengan cepat, berikut caranya :

  • Masuk Island.
  • Pilih aplikasinya.
  • Klik Tanda titik tiga.
  • Pilih “Create Unfreeze & Launch Shortcut“

Itu dia Cara Cloning atau Duplikat Aplikasi di android, dengan begini yang punya banyak akun sosial media bakalan terbantu banget, tapi di aplikasi ini masih terbatas jumlah yang bisa di cloning, kita hanya bisa mengcloning satu kali dan selebihnya sudah tidak bisa.

Nah, begitulah caranya. Mungkin sampai disitu dulu penjelasan tentang Cara MengCopy Aplikasi Android Menjadi Banyak Terbaru. Apabila masih ada yang bingung dengan langkah-langkah di atas, kalian bisa tanyakan langsung kepadaku lewat comment dibawah. Semoga bermanfaat.