Sistem Cara Gaji Gojek

Hallo Shobatasmo – Bagi sebagian orang mungkin masih sering bertanya-tanya contohnya saya dari mana driver Gojek mendapat gajian? Apakah tiap bulan rutin mendapat gajian dari PT Go-Jek seperti halnya orang kantoran gak ya. Atau mungkin seorang driver Gojek mendapat penghasilan dari tiap
kali ngantar orang/kirim barang sesuai order lewat aplikasi?

Untuk Kamu yang belum mengetahui bagaimana seorang driver Gojek mendapat penghasilan maka dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang penghasilan driver Gojek, bagaimana sistem gaji Gojek melaluui sumber dari teman saya.

Cara Kerja Gojek

Sebelum membahas gaji Gojek ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara kerja Gojek.

  1. Ketika konsumen akan menggunakan layanan Gojek maka beliau akan memesan layanan yang diinginkan tersebut lewat aplikasi Gojek, misal beliau memesan layanan Go-Ride untuk ojek online.
  2. Konsumen harus memasukan alamat penjemputan dan alamat tujuan.
  3. Calon penumpang Gojek tersebut juga harus menentukan cara pembayarannya apakah menggunakan Go Pay atau secara tunai.
  4. Setelah menekan tombol order, maka aplikasi Gojek yang ada di tangan konsumen tersebut akan mengirimkan permintaan ke server Gojek bahwa ada konsumen yang memesan layanan Go-Ride dengan alamat penjemputan dan tujuan sesuai aplikasi.
  5. Kemudian server Gojek akan memproses permintaan tersebut dan menyebarkan order kepada  para driver Gojek yang berada di sekitar alamat penjemputan bahwa ada konsumen yang memesan Go-Ride dengan alamat penjemputan dan tujuan tertentu.
  6. Para driver Gojek yang menerima sebaran order harus segera mengambil order tersebut untuk bisa menyelesaikan order.
  7. Driver yang berhasil mengambil order kemudian menjemput konsumen sesuai alamat penjemputan dan mengantarkannya sesuai alamat tujuan.
  8. Sesampainya di alamat tujuan maka konsumen membayar driver Gojek. Jika pembayarannya secara tunai maka konsumen membayar seperti biasa menggunakan uang tunai ke driver Gojek dan jika menggunakan Go Pay maka secara otomatis akan terpotong saldo Go Pay konsumen tersebut.

Itulah proses/urutan bagaimana sebuah order diproses dan diselesaikan termasuk juga pembayarannya. terlihat bahwa konsumen membayar ke driver Gojek setelah sampai di tujuan/order diselesaikan.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah uang yang dibayarkan ke driver Gojek akan menjadi milik driver Gojek seluruhnya ataukah ada prosentase bagi hasil dengan pihak Gojek? Sistem gaji Gojek nya seperti apa? Sekarang akan dibahas tentang uang yang diterima driver Gojek yang nantinya dari uang itulah penghasilan driver Gojek berasal.

Dibawah ini adalah contoh bagaimana perhitungan untuk penghasilan driver Gojek. Untuk angka/nominal dalam contoh ini hanya pemisalan saja, sebab untuk tarif sebenarnya bisa berubah-ubah sesuai kebijakan Gojek.

  • Misalkan tarif bersih yang diterima driver Gojek saat jam sibuk pada layanan Go-Ride adalah Rp2.500/km.
  • Dan tarif bersih yang diterima driver Gojek diluar jam sibuk pada layanan Go-Ride adalah Rp2.000/km.

Maksud tarif bersih yang diterima driver Gojek di atas adalah uang yang akan diterima driver Gojek per kilometernya saat ia telah menyelesaikan order Go-Ride.

Misal seorang driver Gojek ngejar order mulai jam 06:00 – 11:00 dan kemudian beristirahat dan melanjutkan ngojeknya pada pukul 13:30 – 18:00 dengan rincian order sbb:

Pagi : Jam 06:00 – 11:00 jumlah order:

  • 3 order di jam sibuk yang total jarak dari ketiga order tersebut 14KM, maka pendapatannya 14 x 2.500 = 35.000
  • 4 order di luar jam sibuk dengan total jarak 38KM, maka pendapatannya 38 x 2.000 = 76.00

Sore : Jam 13:30 – 18:00 jumlah order:

  • 3 order di jam sibuk yang total jarak dari ketiga order tersebut 12KM, maka pendapatannya 12 x 2.500 = 30.000
  • 7 order di luar jam sibuk dengan total jarak 42KM, maka pendapatannya 42 x 2.000 = 84.000

Maka penghasilan yang ia terima dalam sehari itu adalah 35.000 + 76.000 + 30.000 + 84.000 = 225.000 dan ditambah bonus harian karena lebih 16 order, misal bonus harian yang ia terima Rp 50.000. Jadi dalam sehari tersebut ia bisa mendapat uang 225.000 + 50.000 = 275.000.

Dari penjelasan diatas terlihat bahwa sebenarnya seorang driver Gojek tidak menerima gaji tetap layaknya orang kantoran yang setiap bulan terima gaji, tapi gaji driver Gojek berasal dari seberap banyak ia bisa menyelesaikan order dan dari order tersebutlah ia mendapatkan penghasilan.

Demikianlah informasi untuk sistem gaji Gojek yang bisa anda pelajari. Jadi seorang driver Gojek tidak menerima gaji bulanan secara tetap, namun ia menerima penghasilan dari hasil menyelesaikan order yang ia terima. Semakin banyak order yang bisa diselesaikan maka semakin besar pula penghasilannya.